Tuesday, 16 February 2016

Pengertian Konflik dan Bentuk-Bentuk Konflik

loading...

Secara umum, pengertian Konflik yaitu proses sosial yang terjadi ketika pihak yang satu berusaha untuk menyingkirkan pihak yang lain dengan cara menghancurkan atau membuatnya tidak berdaya. Konflik muncul karena adanya perbedaan perasaan, kebudayaan, perbedaan kepentingan baik individu maupun kelompok, dan adanya perubahan sosial secara cepat dan menimbulka disorganisasi sosial. Dalam konflik, yang berbicara adalah perasaan, bukan akal. Ada 6 macam konflik yang perlu untuk kita ketahui.
Bentuk-bentuk konflik adalah sebagai berikut :
  1. Konflik pribadi, yaitu perselisihan antara dua pribadi yang berselisih karena suatu hal. Misalnya kakak adik yang berebut harta warisan.
  2. Konflik antarkelompok, yaitu perselisihan antara dua kelompok atau lebih untuk memperebutkan sesuatu. Misalnya perebutan lahan parkir oleh dua kelompok.
  3. Konflik rasial, yaitu pertentangan antarras. Biasanya terjadi jika ras yang satu merupakan golongan  minoritas dan yang lain merupakan mayoritas. Contohnya adalah konflik di negara Rwanda antara suku Tutsi dan suku Hutu.
  4. Konflik antar kelas sosial, yaitu adanya perselisihan karena adanya perbedaan kepentingan. Misalnya konflik antara majikan dengan buruh. Majikan ingin memberikan gaji yang kecil sedangkan buruh ingin mendapatkan gaji yang besar.
  5. Konflik politik, yaitu perselisihan yang terjadi pada kelompok-kelompok politik yang berbeda pandangan. Misanya konflik antara partai politik menjelang pemilu.
  6. Konflik internasional, yaitu perselihan yang disebabkan kepentingan hubungan antarnegara. Misalnya konflik antara negara-negara Barat dengan negara-negara Timur Tengah tentang penyelesaian sengketa di Irak.
pengertian konflik dan bentuk-bentuk konflik


Demikianlah penjelasan mengenai pengertian konflik dan macam-macam konflik atau bentuk-bentuk konflik. Semoga tulisan ini bermanfaat.
>

loading...
Pengertian Konflik dan Bentuk-Bentuk Konflik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Chumank Rush

0 komentar:

Post a Comment