Wednesday, 17 February 2016

Pengertian Kelangkaan dan Faktor Penyebab Kelangkaan

loading...

Manusia memiliki beraneka ragam kebutuhan yang senantiasa bertambah jumlah dan jenisnya. Namun dalam kenyataannya, keberagaman kebutuhan tersebut tidak diimbangi dengan ketersediaan alat pemuas kebutuhan. Keterbatasan manusia dalam mencukupi kebutuhan berhubungan dengan adanya kelangkaan.

Sebelum memahami arti dari kelangkaan, kita perlu mengetahui pengertian kebutuhan dan keinginan. Dua istilah tersebut dianggap memiliki pengertian yang sama dalam kehidupan sehari-hari. Namun  dalam ilmu ekonomi, kebutuhan dan keinginan memiliki pengertian yang berbeda.

Segala sesuatu yang harus dipenuhi agar kelangsungan hidup manusia tidak terganggu disebut kebutuhan, sedangkan segala sesuatu yang tidak akan mengancam kelangsungan hidup manusia jika tidak terpenuhi disebut keinginan.

Pengertian kelangkaan


Dalam usahanya mencukupi kebutuhan, manusia ada kalanya terhambat oleh adanya keterbatasan alat pemuas kebutuhan. Hal tersebut menyebabkan terjadinya kelangkaan. Terbatas dalam kelangkaan mengandung pengertian sebagai berikut :
  1. Jumlah alat pemuas kebutuhan tidak sebanding dengan kebutuhan. Dalam hal ini, jumlah alat pemuas kebutuhan lebih sedikit dari pada kebutuhan manusia.
  2. Diperlukan adanya pengorbanan untuk memperoleh alat pemuas kebutuhan di mana kemampuan untuk berkorban lebih rendah dibandingkan dengan jumlah alat pemuas kebutuhan.

Faktor-faktor penyebab kelangkaan


Kelangkaan dapat disebabkan oleh faktor-faktor berikut ini :

a.    Bencana alam

Bencana alam dapat menyebabkan rusaknya atau hilangnya faktor-faktor produksi, seperti tenaga kerja dan modal. Misalnya bumi yang terjadi pada suatu daerah yang menghilangkan ratusan nyawa. Bencana tersebut tentu saja menyebabkan hilangnya banyak tenaga kerja yang merupakan faktor produksi.

Selain itu, jika sebuah gempa menyebabkan robohnya pabrik atau supermarket, maka menyebabkan pabrik atau supermarket tersebut tidak dapat beroperasi.

Gempa juga menyebabkan rusaknya sarana umum, seperti jalan raya, rel kereta api, dan bandar udara. Kerusakan fasilitas transportasi dapat menghambat laju distribusi. Pada akhirnya, di daerah bencana  akan terjadi kelangkaan barang karena kemacetan produksi, rusaknya pusat perbelanjaan, dan hancurnya sarana penunjang transportasi.


b.    Perang

Faktor lain yang menyebakan terjadinya kelangkaan adalah perang. Perang yang dimaksud, bukan hanya perang antar negara, tetapi juga perang yang disebabkan oleh isu SARA. Misalnya, pertikaian berbau SARA di Poso dan Ambon yang menyebabkan terhentinya aktivitas perdagangan. Produsen tidak dapat berproduksi karena tidak adanya bahan baku, penjual tidak dapat menjual karena terhentinya pasokan barang dagangan. Pada akhirnya, konsumen tidak dapat membeli barang-barang kebutuhan.



c.    Keterbatasan kemampuan manusia

Kita telah mengetahui bahwa terjadinya kelangkaan berkaitan dengan ketidakseimbangan antara jumlah kebutuhan dan jumlah alat pemuas kebutuhan. Keterbatasan jumlah alat pemuas kebutuhan dapat disebabkan oleh terbatasnya kemampuan manusia dalam mengolah barang-barang modal yang tersedia.


d.    Kerusakan sumber daya alam karena manusia

Penebangan liar yang merupakan salah satu contoh kerusakan sumber daya alam karena ulah manusia. Penebangan liar dapat menyebabkan kerusakan ekosistem di daerag tebangan. Pada akhirnya, hutan tidak dapat lagi menghasilkan kayu dan barang lain.


e.    Kebutuhan tidak terbatas

Kebutuhan manusia tidak terbatas jenis dan jumlahnya. Setiap satu kebutuhan terpenuhi, pasti akan muncul kebutuhan lain untuk dipenuhi. Hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya kelangkaan karena terbatasnya persediaan alat pemuas kebutuhan.


f.    Terbatasnya jumlah benda pemuas kebutuhan manusia yang disediakan alam

Manusia memperoleh alat pemuas kebutuhan dari alam. Manusia mengolah berbagai sumber daya alam menjadi benda pemuas kebutuhan. Terbatasnya sumber daya alam menyebabkan manusia tidak dapat memenuhi kebutuhan. Dalam kondisi demikian, berarti terjadi kelangkaan.

pengertian kelangkaan dan penyebab kelangkaan


Demikianlah penjelasan mengenai pengertian kelangkaan dan faktor penyebab terjadinya kelangkaan. Semoga tulisan ini bermanfaat. 
>

loading...
Pengertian Kelangkaan dan Faktor Penyebab Kelangkaan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Chumank Rush

0 komentar:

Post a Comment