Friday, 19 February 2016

Pengertian dan Jenis-Jenis Elastisitas Penawaran dan Faktor yang Mempengaruhi Elastisitas Penawaran

loading...

Pengertian elastisitas penawaran


Besarnya kuantitas penawaran suatu barang dan atau jasa disebabkan  adanya perubahan harga yang disebut elastisitas penawaran. Dengan demikian, maka pengertian elastisitas penawaran adalah sebuah ukuran seberapa besar derajat  kepekaan penawaran terhadap perubahan harga. Penawaran elastis dipengaruhi oleh kemampuan produsen/ penjual dalam mengubah jumlah barang dan atau jasa yang ditawarkan.

 

Jenis-jenis elastisitas penawaran


Berikut ini adalah jenis-jenis elastisitas penawaran yang perlu untuk kita ketahui :
  1. Penawaran elastis. Penawaran diset elastis apabila koefisien elstisitasnya lebih besar dari pada satu. Artinya, apabila presentase perubahan penawaran lebih besar dari pada presentase perubahan harga.
  2. Penawaran inelastis. Penawaran disebut inelastis apabila koefisien elastisitas penawaran lebih kecil dari pada satu. Artinya, penawaran disebut inelastis apabila presentase perubahan penawaran lebih kecil dari presentase perubahan harga.
  3. Penawaran elastis uniter. Pada penawaran elastis uniter, presentase kuantitas yang ditawarkan sama dengan presentase perubahan harga.
  4. Penawaran elastis sempurna. Penawaran bersifat elastis sempurna apabila pada harga tertentu, kualitas yang ditawarkan tidak terhingga. Situasi ini juga terjadi apabila pada penurunan harga yang relatif sangat kecil sekalipun, kuantitas yang ditawarkan menjadi nol. Sebaliknya, kenaikan harga yang relatif sangat kecil pun akan meningkatkan kuantitas penawaran menjadi tak terhingga.
  5. Penawaran inelastis sempurna. Penawaran inelastis sempurna merupakan kebalikan dari penawaran elastis sempurna. Pada penawaran inelastis sempurna. Koefisien elastisitasnya adalah nol. Hal ini terjadi karena berapa pun harga berubah kuantitas yang ditawarkan tetap tidak berubah. Oleh karena itu, kurva penawarannya berbentuk vertikal.

Dalam dunia nyata, sebagian besar penawaran bersifat elastis, elastis uniter, dan inelastis. Ketiganya berada di antara penawaran elstis sempurna pada titit ujung dan penawaran inelastis sempurna pada titik ujung lainnya.

 
elastisitas penawaran

Faktor-faktor yang mempengaruhi elastisitas penawaran


Berikut ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi elastisitas penawaran :
 

a.    Waktu yang dibutuhkan untuk berproduksi
 
Produk-produk yang karena berbagai alasan  memerlukan waktu lama untuk diproduksi, penawarannya bersifat inelastis. Hal ini karena walaupun harga naik, produsen tidak dapat dengan cepat menambah persediaan produknya. Sebaliknya, penawaran barang-barang hasil industri cenderung bersifat elastis karena proses pembuatannya cepat. Hal ini karena proses produksinya dilakukan dengan teknologi tinggi sehingga proses produksi dapat dilakukan dengan cepat.
 

b.    Daya tahan barang
 
Elatisitas penawaran produk-produk yang tidak tahan lama cenderung bersifat tidak elastis. Sebaliknya, produk-produk yang dapat disimpan dalam waktu lama, cenderung memiliki elastisitas penawaran yang bersifat elastis.
 

c.    Mobilitas faktor produksi
 
Beberapa jenis produk memerlukan tenaga-tenaga ahli atau mesin-mesin khusus untuk memproduksinya. Penawaran barang-barang seperti ini cenderung kurang elastis karena tenaga kerja yang berkeahlian tinggi atau peralatan khusus yang canggih agak sulit diperoleh. Sebaliknya, pada produk-produk yang tidak memerlukan tenaga ahli atau mesin-mesin khusus, penawarannya bersifat lebih elastis.
 

d.    Kemudahan produsen baru untuk memasuki pasar
 
Pasar produk-produk tertentu ada yang mudah dimasuki produsen baru dan ada yang sulit dimasuki produsen baru. Jika sebuah pasar memiliki sifat mudah dimasuki oleh produsen baru, maka penawarannya cenderung bersifat lebih elastis.
 
Demikianlah penjelasan mengenai pengertian elastisitas penawaran, jenis-jenis elastisitas penawaran, dan faktor-faktor yang mempengaruhi elastisitas penawaran. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua.
>

loading...
Pengertian dan Jenis-Jenis Elastisitas Penawaran dan Faktor yang Mempengaruhi Elastisitas Penawaran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Chumank Rush

0 komentar:

Post a Comment