Pengertian dan Ciri-Ciri Pasar Oligopoli

loading...

Pengertian pasar oligopoli


Pasar oligopoli adalah pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Jumlah perusahaan pada pasar oligopoli umumnya lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh. Misalnya, pasar semen yang dipasok perusahaan Semen Indocement, Semen Padang, Semen Cibinong, Semen Gresik, Semen Tonasa, dan lain-lain. Tetapi jika pasar hanya dipasok oleh dua perusahaan maka disebut pasar duopoli.

 

Ciri-ciri pasar oligopoli


Berikut ini adalah ciri-ciri pasar oligopoli :
  1. Terdapat banyak pembeli di pasar. Seperti pasar persaingan sempurna, jumlah pembeli di pasar oligopoli sangat banyak.
  2. Hanya ada beberapa penjual. Penawaran satu jenis barang hanya dikuasai oleh beberapa perusahaan.
  3. Produk yang dijual bersifat homogen dan bisa juga berbeda, tetapi memenuhi standar tertentu. Industri yang memproduksi barang standar seperti ini banyak dijumpai dalam industri yang menghasilkan bahan mentah, seperti industri baja, aluminium, semen, dan bahan bangunan.
  4. Terdapat hambatan untuk memasuki pasar bagi perusahaan baru. Meskipun demikian, hambatan ini tidak sekuat pada pasar monopoli.
  5. Adanya saling ketergantungan. Kebijakan harga dan kuantitas produksi satu produsen akan berpengaruh terhadap kebijakan harga dan kuantitas produsen lain. Apabila satu produsen menurunkan harga, maka penagruhya adalah menaikkan jumlah penjualan produsen tersebut dan mnegurangi penjualan produsen lain. Adanya kerja sama antar produsen akan memperkuat posisi mereka sehingga mereka mempunyai kemampuan untuk menentukan tingkat harga, misalnya dengan membuat perjanjian harga untuk produk-produk tertentu.
  6. Penggunaan iklan sangat efektif. Iklan adalah salah satu senjata ampuh bagi perusahaan-perusahaan oligopoli untuk bersaing dengan perusahaan lain karena iklan sangat berpengaruh terhadap tingkah laku dan perubahan selera konsumen.
pengertian pasar oligopoli


Demikianlah penjelasan mengenai pengertian pasar oligopoli dan ciri-ciri pasar oligopoli. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua.
loading...

0 Response to "Pengertian dan Ciri-Ciri Pasar Oligopoli"

Post a Comment