Monday, 15 February 2016

Kredit Pasif, Kredit Aktif dan Jasa-Jasa Perbankan Lainnya | Produk Bank

loading...

Aliran dana dari masyarakat yang masuk ke bank disebut kredit pasif karena uang yang masuk tersebut parkir di bank. Sebaliknya, dana yang digunakan masyarakat untuk kegiatan  produktif disebut kredit aktif. Ada banyak jenis kredit aktif dan jenis kredit pasif yang wajib kita ketahui .

Berikut ini adalah penjelasan mengenai produk bank berupa kredit aktif dan kredit pasif.

Kredit pasif


Jenis kegiatan bank dalam menghimpun dana dari masyarakat sehingga menimbulkan kredit pasif. Berikut ini adalah jenis-jenis kredit pasif :
  • Giro, adalah simpanan atau tabungan dari nasabah di bank yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran. Uang tersebut setiap saat dapat ditarik oleh nasabah. Untuk kelancaran penggunaan uang oleh nasabah, bank mengeluarkan cek atau bilyet giro. Jadi, pengambilan uang oleh nasabah atau pembayaran utang cukup dilakukan dengan menulis cek atau bilyet giro. Saat cek atau bilyet giro ditukarkan dengan kreditor, maka rekening nasabah tersebut akan langsung didebetkan oleh bank.
  • Tabungan berjangka (deposito berjangka), adalah sejumlah uang yang disimpan oleh nasabah di bank dengan jangka waktu penarikan yang telah ditentukan. Jangka waktunya bisa 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun, atau 2 tahun. Jika nasabah membutuhkan dana tersebut sebelum jatuh tempo, maka bunga yang sudah menjadi haknya menjadi hilang.
  • Sertifikat deposito, adalah bukti bahwa nasabah telah mendepositokan uang di bank. Sertifikat deposito dapat diperjualbelikan.
  • Tabungan, adalah simpanan nasabah di bank yang penarikan danaya dapat dilakukan setiap  saat sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan. Bahkan ada tabungan yang dapat diambil melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM) selama 24 jam.
  • Deposit on call, adalah jenis tabungan yang dapar diambil setelah ada pemberitahuan terlebih dahulu dari si penabung.
  • Deposit automatic roll over, adalah satu jenis simpanan deposito yang jika uangnya tidak diambil sampai dengan jatuh tempo, deposito langsung diperpanjang dan bunganya langsung dihitung secara otomatis.

Kredit aktif


Dana yang diberikan  masyarakat untuk berbagai tujuan disebut kredit aktif. Jenis-jenis kredit aktif adalah :
  1. Kredit rekening koran (R/K) adalah kredit yang diberikan sesuai dengan kebutuhannya. Artinya, kredit itu dapat diambil sejumlah yang dibutuhkan. Jaminan dari kredit rekening koran dapat berupa surat-surat berharga, barang-barang yang ada pada gudang peminjam, dan barang-barang bergerak seperti mobil atau harga tetap. Kredit ini meringankan nasabah karena bunga yang dihitung dari jumlah uang yang terpakai.
  2. Kredit reimburse (Letter of Credit), adalan pinjaman yang diberikan suatu bank kepada nasabah dengan cara membayar harga pembelian suatu barang. Harga barang yang dibayar oleh bank setelah penjual memperlihatkan bukti-bukti pengiriman barang. Setelah barang terjual atau pembeli memiliki dana, baru sejumlah uang pembelian dibayarkan ke bank. Hal ini lazim dilakukan dalam transaksi internasional.
  3. Kredit aksep, adalah kredit yang diberikan bank dengan cara menandatangani aksep yang ditarik oleh nasabah (pelanggan). Setelah aksep ditandatangani oleh bank, aksep tersebut dapat dijual oleh nasabah.
  4. Kredit dokumenter, adalah kredit yang diberikan oleh bank kepada nasabah (pelanggan) atas jaminan dokumen yang diserahkan ke bank. Biasanya dokumen yang diberi kredit adalah surat pengiriman barang atau sejenisnya yang telah disetujui oleh kapten kapal pengangkut.
  5. Kredit dengan jaminan surat-surat berharga, adalah kredit yang diberikan oleh bank kepada pelanggan untuk membeli surat-surat berharga. Sebagian atau mungkin seluruh harga pembelian surat-surat berharga dibayar oleh bank. Sebagai jaminan kreddit tersebut adalah surat-surat berharga yang dipegang oleh bank.
kredit aktif dan kredit pasif

Jasa-jasa perbankan


Usaha pokok dari bank adalah memberi kredit kepada masyarakat dengan uangnya sendiri atau dana yang telah dihimpun dari masyarakat. Selain itu, bank juga menjual atau melakukan kegiatan yang dapat menghasilkan, di antaranya :
  1. Menjual dan membeli valuta asing.
  2. Menyediakan jasa untuk menyimpan barang atau surat berharga milik nasabah dengan menerima surat imbalan berupa uang sewa.
  3. Melakukan pengiriman uang dari nasabah atau masyarakat, baik antardaerah maupun antarnegara.
  4. Memberikan jaminan pada nasabah.
  5. Menjamin dana bagi perusahaan yang menjual sahamnya (efek) kepada masyarakat, walaupun saham tersebut belum terjual di bursa efek.
  6. Mengeluarkan kartu kredit.
  7. Menyediakan cek perjalanan agar nasabah tidak membawa uang tunai.
  8. Melaksanakan penagihan piutang (inkaso) untuk nasabahnya.
  9. Memberikan kemudahan kepada nasabah dalam mendapatkan uang tunai dengan menyediakan ATM (Anjungan Tunai Mandiri/ Automatic Teller Machine).

Demikianlah penjelasan mengenai macam-macam produk bank berupa kredit aktif, kredit pasif, dan jasa-jasa perbankan lainnya.
>

loading...
Kredit Pasif, Kredit Aktif dan Jasa-Jasa Perbankan Lainnya | Produk Bank Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Chumank Rush

0 komentar:

Post a Comment