Faktor Yang Mempengaruhi Penawaran Barang dan Jasa

loading...
Berikut ini kita akan membahas faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran barang dan jasa serta menyebabkan kurva penawaran bergeser ke kiri atau ke kanan.
 

Kemajuan teknologi


Kemajuan teknologi dapat mengubah kombinasi input serta jenis input yang diperluka dalam proses produksi. Peningkatan teknologi selalu mengandung arti bahwa jumlah input yang dibutuhkan lebih sedikit atau biaya input yang dibutuhkan berkurang.  Jika biaya produksi lebih rendah, maka produsen terdorong untuk meningkatkan output pun meningkat. Oleh karena itu, peningkatan teknologi produksi akan mendorong kurva permintaan ke kanan.

 

Biaya produksi


Naik turunnya biaya produksi juga memainkan peran penting dalam mempengaruhi penawaran barang dan jasa dari produsen. misalnya, meningkatkan upah pekerja menyebakan biaya produksi meningkat. Jika peningkatan biaya sangat tinggi, produsen cenderung untuk mengurangi produksi sehingga menurunkan penawaran. Sebaliknya, jika suatu saat biaya bahan baku misalnya menurun, produsen  dapat memmbeli lebih banyak bahan baku untuk memproduksi barang dan jasa. Oleh karena itu, penawaran bertambah.

 

Persediaan sarana produksi


Masalah ekonomi timbul karena tidak seimbangnya sumber daya produksi dibandingkan dengan yang dibutuhkan. Demikian juga halnya dengan produksi. Produksi akan terganggu jika persediaan sarana produksi kurang. Penawaran beras pada daerah tertentu cenderung menurun karena banyak lahan pertanian yang berubah fungsi menjadi daerah industri.

 

Peningkatan jumlah produsen


Jika penjualan suatu produk mendatangkan keuntungan, maka hal ini akan mendorong pemodal-pemodal baru untuk  memasuki usaha tersebut. Contohnya, jika petani jeruk dianggap menguntungkan, banyak pihak lain yang beralih profesi menjadi petani jeruk. Dengan bertambahnya produsen baru ini, maka penawaran jeruk akan bertambah. Kurva penawaran bergeser ke kanan.

 

faktor yang mempengaruhi penawaran barang dan jasa

Peristiwa alam


Alam bagi kehidupan manusia tidak selalu memberikan keuntungan, tetapi bisa juga mendatangkan kerugian. Jika terjadi bencana alam seperti banjir atau musim kemarau yang berkepanjangan, hasil panen padi berkurang drastis. Kejadian-kejadian seperti ini akan mengurangi penawaran barang.
 

Ekspektasi atau harapan produsen


Seperti halnya konsumen, produsen pun mempunyai harapan atau ekspektasi akan situasi masa depan. Jika produsen memperkirakan bahwa situasi perekonomian satu tahun mendatang akan membaik, maka pada saat ini mereka akan memproduksi lebih banyak barang dan jasa untuk dijual. Sebaliknya, jika mereka memperkirakan bahwa situasi perekonomian akan memburuk di masa datang, mereka cenderung tidak meningkatkan produksi.

 

Harga barang dan jasa lain


Harga barang dan jasa lain ada yang bersifat melengkapi dan ada juga yang bersifat substitusi.  Jika harga komputer PC meningkat, maka penawaran komputer PC juga meningkat. Hal ini selanjutnya akan mendorong produsen untuk meningkatkan pula penawaran mouse, printer, meja komputer, atau berbagai barang yang menjadi pelengkap komputer. Oleh karena itu, ketika harga komputer meningkat, penawaran mouse, printer, dan meja komputer pun meningkat, meskipun harga barang-barang ini tidak berubah. Hal ini selanjutnya akan menyebabkan kurva penawaran barang-barang tersebut bergeser ke kanan.
 
Contoh lain, ketika harag teh meningkat, penjual akan beramai-ramai menjual teh sehingga penawaran teh meningkat. Karena tertarik menjual teh, maka penawaran kopi menurun, kurva penawaran kopi bergeser ke kiri.

Demikianlah penjelasan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua.
loading...

0 Response to "Faktor Yang Mempengaruhi Penawaran Barang dan Jasa"

Post a Comment