Dampak Terjadinya Inflasi Terhadap Perekonomian

Apa dampak inflasi terhadap perekonomian ? secara umum, kita tahu bahwa inflasi menyebabkan turunnya nilai uang. Karena inflasi, daya beli uang pada suatu tahun  tidaklah “sekuat” tahun sebelumnya. Daya beli turun jika tingkat harga naik. Misalnya, jika tingkat harag naik dua kali lipat, maka tahun ini satu rupiah hanya mampu membeli setenghah jumlah barang yang bisa dibeli tahun lalu.

Perlu diingat bahwa inflasi bisa tidak terantisipasi (unanticipated inflation) dan bisa terantisipasi (anticipated inflation). Inflasi tidak terantisipasi terjadi bila masyarakat tidak memperkirakan besarnya nilai inflasi atau naiknya inflasi begitu mendadak sehingga masyarakat tidak dapat mengantisipasinya. Sebaliknya, bila inflasi telah diantisipasi sebelumnya (seperti dengan melihat besarnya inflasi tahun lalu sehingga masyarakat memperkirakan tingkat inflasi yang sama terjadi tahun ini), maka dampak inflasi tersebut dapat diminimalisir.
 
Dalam kenyataan sehari-hari, dampak inflasi tidaklah sama bagi setiap orang. Ada anggota masyarakat yang rugi, namun ada juga anggota masyarakat yang diuntungkan dari inflasi.

Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai dampak terjadinya inflasi :

 

Dampak inflasi bagi pemilik pendapatan tetap dan tidak tetap


Bagi masyarakat yang memiliki pendapatan tetap, dampak inflasi sangat merugikan. Sebagai contoh, seorang pensiunan pegawai negeri tahun 1990. Pada tahun 1990 uang pensiunnya cukup untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, namun pada tahun 2003  atau tiga belas tahun kemudian, daya beli uang pensiunnya tersebut hanya tinggal setengah.
 
Artinya, uang pensiunnya tidak lagi cukup untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Begitu juga dengan pemilik kos-kosan yang menetapkan uang sewa yang tetap. Nilai uang sewa yang diterimanya tahun ini akan lebih rendah dibandingkan tahun lalu.
 
Meskipun demikian, dampak inflasi dapat diperkecil bila inflasi telah diperhitungkan sebelumnya dan adanya kemampuan menyesuaikan pendapatan dengan perubahan harga. Artinya, bila karyawan bergaji tetap memperoleh kenaikan gaji secara otomatis mengikuti laju inflasi, maka dampak inflasi bagi mereka tidaklah terlalu besar.
 
Misalnya, bila tingkat inflasi diperkirakan sebesar 10 %, maka perusahaan akan meningkatkan gaji pegawai sebesar 10 % setiap tahunnya. Dengan demikian, daya beli karyawan diharapkan akan tetap konstan.

 

Dampak inflasi bagi para penabung


Inflasi menyebabkan orang enggan untuk menabung, karena nilai mata uang makin menurun. Memang tabungan menghasilkan bunga, namun jika tingkat inflasi di atas bunga, nilai uang tetap saja menurun.
 
Bila orang enggan untuk menabung, dunia usaha dan investasi akan sulit berkembang. Hal tersebut karena dunia usaha memperoleh dana pengembangan usaha dari bank, di mana dana bank berasal dari tabungan masyarakat.

 

dampak inflasi terhadap perekonomian

Dampak inflasi bagi debitur dan kreditor


Bila datangnya inflasi tidak diperhitungkan, inflasi dapat menguntungkan debitur dan merugikan kreditor. Bagi orang yang meminjam uang kepada bank (debitur), inflasi menguntungkan, karena pada saat pembayaran utang kepada kreditor, nilai uang lebih rendah dibandingkan pada saat meminjam.
 
Sebaliknya, kreditor atau pihak yang meminjamkan uang akan mengalami kerugian karena nilai uang pengembalian pinjaman lebih rendah jika dibandingkan pada saat peminjaman. Meskipun demikian, bila inflasi telah diperhitungkan dalam perjanjian pinjam meminjam dana, maka tidak ada satu pihak yang diuntungkan atau dirugikan dengan adanya inflasi.

 

Dampak inflasi terhadap produsen


Bagi produsen, inflasi dapat menguntungkan bila pendapatan yang diperoleh lebih tinggi dari pada kenaikan biaya produksi. Bila hal ini terjadi, produsen akan terdorong untuk melipatgandakan produksinya.
 
Namun, bila inflasi menyebabkan naiknya angka biaya produksi hingga pada akhirnya merugikan produsen, maka produsen enggan untuk meneruskan biaya produksinya.
 
Produsen bisa menghentikan produksinya untuk sementara waktu , bahkan jika tidak sanggup mengikuti laju inflasi, bisa gulung tikar.  

Demikianlah penjelasan mengenai dampak inflasi terhadap perekonomian. semoga bermanfaat.

0 Response to "Dampak Terjadinya Inflasi Terhadap Perekonomian"

Post a Comment