Perairan Laut : Jenis-Jenis Laut Menurut Kedalamannya

loading...
<
Laut menutupi permukaan bumi kurang lebih 75%. Batas perairan laut dengan daratan disebut garis pantai (pertemuan permukaan laut dengan daratan). Perairan laut di permukaan bumi tidak merata luasnya. Pada belahan bumi utara tertutup lautan sebesar 60% dan pada belahan bumi selatan tertutup lautan sekitar 80%.
 
Kedalaman laut dan samudera sangat bervariasi, ada yang dangkal tetapi ada pula yang dalam. Dalam dan dangkalnya dasar laut menunjukkan relief dasar laut. Relief dasarlaut lebih besar dibandingkan relief di daratan.
 
Hal ini terbukti dari kedalaman laut yang rata-rata 3.800 m, sedangkan ketinggian daratan rata-rata hanya 840 m. Laut yang terdalam adalah Palum Mindanao (Palum Filipina) yang mencapai kedalaman 10.830 m, sedangkan daratan yang tertinggi adalah puncak Gunung Everest, yang mencapai ketinggian 8.880 m.
 
Berdasarkan kedalamannya, ada 5 jenis laut, yaitu :
  1. Zona laut litoral atau pesisir, yaitu bagian laut yang terletak antara pasang naik dan pasang surut. Pada waktu pasang naik, bagian ini merupakan laut dan pada saat pasang surut bagian ini merupakan daratan.
  2. Zona epineritis, yaitu bagian lautan di antara garis surut air laut sampai kedalaman 36 m- 50 m.
  3. Zona neritis, yaitu bagian laut yang memiliki kedalaman antara 50 m sampai 200 m. Daerah ini merupakan zona laut dangkal dan masih merupakan bagian dari benua sehingga zona ini disebut landas kontinen, bersamaan letaknya dengan paparan benua. Zona ini merupakan zona laut yang kaya akan ikan dan tanaman laut karena zona ini masih dapat dicapai oleh sinar matahari sehingga tumbuhan laut dan plankton tumbuh dengan subur.
  4. Zona batial, yaitu jenis laut yang kedalamannya antara 200 m – 2000 m. Zona ini bersamaan letaknya dengan landas benua (continental slape).
  5. Zona abisal, yaitu bagian laut yang sangat dalam. Zona ini meliputi dasar lautan (ocean floor). Binatang dan tumbuh-tumbuhan yang berada di zona ini sangat sedikit, karena zona ini tidak dapat lagi ditembus oleh sinar matahari. Di samping itu, tekanan air laut di zona ini sangat besar. Keadaan di dalam laut ini dingin dan sangat gelap.

perairan laut dan jenis-jenis laut
Demikianlah penjelasan mengenai wilayah perairan laut dan jenis-jenis laut berdasarkan kedalamannya. Semoga tulisan ini bermanfaat.

0 Response to "Perairan Laut : Jenis-Jenis Laut Menurut Kedalamannya"

Post a Comment