Friday, 15 January 2016

Pengertian Sugesti dan Contoh Sugesti

loading...


Sugesti adalah cara pemberian suatu pandangan atau pengaruh dari dalam diri seseroang atau sekelompok orang kepada orang lain atau kelompok lain dengan cara tertentu sehingga orang/ kelompok tersebut menerima pandangan atau pengaruh yang diberikan tanpa berpikir lebih lanjut.
 
Sugesti adalah suatu proses dalam interaksi sosial dengan cara memberikan pandangan atau pengaruh oleh seseorang kepada seseorang lainnya sehingga dapat menggerakkan atau mempengaruhi hati  orang tersebut untuk mengikuti pandangan atau pengaruh yang diberikannya.
 
Pengaruh sugesti lebih mudah terjadi jika orang yang memberikan sugesti adalah orang-orang yang berpengaruh, orang yang berwibawa atau pemimpin dari ornag tersebut. Selain dari orang-orang tersebut, sugesti dapat juga terjadi dari teman-teman dekat, bahkan yang lebih rendah derajatnya dengan dia.
 
Contoh sugesti antara lain :
  • Seorang tokoh masyarakat yang berpengaruh di suatu desa memberikan pandangan kepada masyarakat bahwa kekeringan mata air di desa mereka karena masyarakat menebangi hutan di hulu sungai. Dia menyarankan agar masyarakat tidak mengambil kayu lagi di hulu sungai dengan cara bergotong royong menanam pohon kembali. Masyarakat di desa itu tanpa perlu berpikir panjang langsung mengikuti saran dari tokoh masyarakat tersebut.
  • Seseorang yang hidupnya susah menyarankan kepada temannya agar ia terus melanjutkan sekolahnya dan belajar dengan baik. Ia mengatakan kepada temannya bahwa ia sekarang menyesal karena dulu tidak mau bersekolah, sehingga hidupnya menjadi susah. Mendengar saran dari temannya itu, ia tersugesti untuk belajar dengan baik dan harus berusaha untuk melanjutkan sekolah.
  • Seseorang yang selama ini tidak disiplin dan malas, oleh pimpinannya diberikan pandangan dan saran agar ia harus disiplin dan rajin bekerja karena ia sebenarnya memiliki kemampuan yang bagus sehingga suatu saat karirnya akan membaik. Mendengar saran dari atasannya, tanpa berpikir panjang ia mengubah sikapnya dari malas  menjadi disipin dan rajin.
pengertian sugesti dan contoh sugesti
Demikianlah penjelasan mengenai pengertian sugesti dan contoh sugesti. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua.
>

loading...
Pengertian Sugesti dan Contoh Sugesti Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Chumank Rush

0 komentar:

Post a Comment