Friday, 15 January 2016

Pengertian Imitasi dan Contoh Imitasi

loading...


Imitasi adalah proses interaksi sosial seseorang atau sekelompok orang yang meniru atau mengikuti perilaku orang lain atau kelompok lain. Imitasi adalah suatu proses yang terjadi dengan cara mencontoh, meniru, atau mengikuti perilaku orang lain. Proses belajar dengan imitasi (meniru) , ada yang memiliki sifat positif tetapi ada pula yang sifatnya negatif.
 
Faktor imitasi dapat mendorong seseorang untuk berperilaku positif, yaitu mematuhi kaidah-kaidah dan nilai-nilai yang berlaku. Di sisi lain, imitasi dapat mengakibatkan terjadinya hal-hal negaif. Hal-hal yang ditiru berupa hal-hal yang menyimpang dari nilai-niai moral dan nilai etika yang ada di dalam masyarakat.
 
Contoh tindakan imitasi yang menghasilkan perilaku negatif adalah perilaku seorang anak yang meniru adegan-adegan kekerasan yang ditayangkan dalam suatu acara kartun di Televisi. Inilah yang menyebabkan acara Tom & Jerry   dianggap tidak memberikan pendidikan kepada anak dan tidak bermanfaat karena penuh dengan adegan jahil dan sedikit berbau kekerasan.
 

Contoh imitasi lainnya adalah :
  • Seorang anak yang dibesarkan dalam keluarga yang kehidupan sehari-hari berbicara dengan lemah lembut, maka anak itu akan terbiasa dengan lemah lembut karena meniru cara berbicara orang-orang yang ada di dalam keluarganya. Sebaliknya, bila berbicara dalam keluarga yang keras, anak nantinya akan berbicara dengan keras pula. Anak-anak yang terlahir di Solo cenderung berbicara dengan lambat dan lemah lembut dibandingkan anak-anak yang terlahir di wilayah Indonesia Timur yang mayoritas adalah nelayan yang butuh suara keras dalam berkomunikasi di lautan.
  • Bila dalam sebuah keluarga semua anggotanya adalah perokok, kemungkinan anak-anaknya menjadi perokok juga besar karena meniru anggota-anggota keluarganya yang perokok.
  • Teman sepergaulan seorang anak berpengaruh besar pada tindakan atau sikap seorang anak. Bila bergaul dengan anak-anak nakal, maka anak tersebut kemungkinan besar ikut nakal karena mengikuti perilaku dan sikap kawan-kawannya. Sedangkan bila berteman dengan teman-teman yang baik, maka kemungkinan besar anak tersebut juga memiliki sikap yang baik.
contoh imitasi
Demikianlah penjelasan mengenai imitasi dan contoh imitasi. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua. 
>

loading...
Pengertian Imitasi dan Contoh Imitasi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Chumank Rush

0 komentar:

Post a Comment