Pengertian Identifikasi dan Contoh Identifikasi

loading...

Secara umum, pengertian identifikasi adalah kecenderungan atau keinginan dalam diri seseorang untuk menyamakan diri dengan pihak lain. Identifikasi bersifat lebih mendalam daripada  imitasi dan sugesti.
 
Identifikasi adalah suatu proses yang terjadi dalam diri seseorang yang memiliki keinginan atau kecenderungan untuk memiliki kesamaan dengan orang lain. Proses identifikasi dapat berlangsung tanpa disadari ataupun dilakukan secara sengaja oleh orang tersebut.
 
Dalam hal ini, orang yang melakukan identifikasi mengenai betul orang lain yang menjadi idolanya. Sikap, perilaku, cara hidup orang yang menjadi idolanya (orang yang dikagumi) dan sangat ia sukai sehingga ia ingin menjadi orang yang seperti itu.
 
Contoh identifikasi antara lain :
  • Seorang anak berkeinginan untuk menjadi penyanyi setelah dewasa karena ia ingin menyamai penyanyi idolanya yang ia lihat di acara televisi seperti Indonesian Idol atau D’Academy.
  • Demam Piala Dunia 2014 menyebabkan banyak anak-anak terutama yang berada dalam usia remaja menjadikan pemain sepakbola sebagai idola mereka. Akibatnya, banyak yang ingin membeli kostum sepakbola dengan nama pemain idola mereka, misalnya saja Robin van Persie, Neymar, Cristiano Ronaldo, Lionel Messi maupun Mario Goetze. Anak-anak tersebt ingin menyamakan dirinya dengan pemain idola mereka tersebut.
  • Contoh identifikasi lainnya adalah seorang pemusik yang terkenal seperti Armand Maulana yang memiliki gaya khas dikagumi oleh seorang yang ingin menjadi musisi lainnya. akibatnya, orang tersebut bisanya menempatkan dirinya seolah-olah sama dengan Armand. Cara berpakaian, aksi panggung, model rambut, dan cara bernyanyi dimirip-miripkan dengan Armand Maulana.
Perbedaan identifikasi dengan imitasi, pada imitasi orang-orang tersebut tidak menempatkan dirinya seolah-olah sama dengan idolanya. Akan tetapi, pada identifkasi orang tersebut menempatkan diri seolah-olah ia telah menjadi idolanya. Proses identifikasi biasnya diawali dari proses imitasi.
 
Demikianlah penjelasan mengenai pengertian identifikasi dan contoh identifikasi. Semoga tulisan ini bermanfaat.
pengertian identifikasi

loading...

0 Response to "Pengertian Identifikasi dan Contoh Identifikasi"

Post a Comment