Pengertian Gelombang Laut dan Jenis-Jenis Gelombang Laut

loading...
<
Gelombang laut atau ombak adalah gerakan air laut yang paling umum dan mjudah untuk diamati. Gelombang berasal dari tengah lautan  menuju pantai. Gelombang sebenarnya merupakan gerakan naik dan turunnya air laut (penyebabnya bisa berasal dari angin ataupun gempa laut). Gesekan angin membentuk gerakan sirkulasi sehingga permukaan air menjadi naik dan turun.
 
Menurut penyebabnya, berikut ini adalah jenis-jenis gelombang laut, yaitu :
 
Gelombang laut karena angin, yaitu jenis gelombang laut yang terjadi karena adanya gesekan angin di permukaan sehingga arah gelombang sesuai dengan arah angin.
 
Gelombang laut karena menabrak pantai, yaitu jenis gelombang laut yang terjadi karena ketika sampai ke pantai, gelombang laut terhempas dan akhirnya pecah. Air yang pecah itu akan menjadi arus balik dan membentuk gelombang. Oleh karena itu, arah gelombang akan berlawanan dengan arah datangnya gelombang.
 
Gelombang laut karena gempa bumi, yaitu jenis gelombang laut yang terbentuk akibat adanya gempa di dasar laut. Gempa ini terjadi karena adanya gunung laut yang meletus atau adanya getaran atau gesekan kulit bumi di dasar laut. Contoh gempa laut vertikal di Nangroe Aceh Darussalam yang menyebabkan terjadinya gelombang tsunami di wiayah Aceh.
 
Demikianlah penjelasan mengenai gelombang laut. Pada dasarnya, gelombang laut tidak berbahaya dan bisa memberikan manfaat bagi kehidupan. Gelombang laut bisa dimanfaatkan oleh para peselancar sehingga berpotensi sebagai tempat pariwisata.
 
jenis-jenis gelombang laut
Semoga tulisan ini bermanfaat.

0 Response to "Pengertian Gelombang Laut dan Jenis-Jenis Gelombang Laut"

Post a Comment