Pengertian Asimilasi dan Faktor yang Mempengaruhi Asimilasi

loading...

Pengertian Asimilasi


Asimilasi merupakan bentuk proses sosial yang ditandai dengan adanya usaha-usaha mengurangi perbedaan-perbedaan di antara kelompok-kelompok orang atau manusia. Dalam asimilasi, masing-masing pihak yang berebda pendapat atau paham, berusaha untuk mempererat kesatuan, tindakan, sikap, dan proses-proses mental dengan memperhatikan tujuan dan kepentingan bersama.
 
Orang-orang yang melakukan asimilasi ke dalam suatu kelompok masyarakat, tidak lagi membedakan dirinya dengan kelompok masyarakat itu. Dengan demikian, ia akan diterima dalam kelompok masyarakat itu dengan baik, dan tidak dianggap lagi sebagai orang asing.
 
Misalnya, seorang pendatang baru pindak ke lingkungan masyarakat yang berbeda budaya dan suku dengan masyarakat tempat tinggalnya semula. Orang tersebut akan berasimilasi dengan budaya masyarakat baru tempat ia tinggal dengan cara mengikuti kebiasaan-kebiasaan dan adat istiadat masyarakat di tempat tersebut. Dengan demikian, ia akan diterima dengan baik, dan dianggap telah menjadi bagian dari masyarakat mereka.
 
Bila kedua kelompok masyarakat telah mengadakan asimilasi, maka batas antara kedua kelompok masyarakat tersebut dapat hilang dan keduanya berbaur menjadi satu kelompok. Contohnya, orang-orang dari pulau Jawa yang dulunya merupakan transmigran atau buruh-buruh perkebunan pada zaman Belanda yang bekerja di daerah Deli di Sumatera Utara telah lama mengalami asimilasi dengan masyarakat di daerah tersebut.
 
Masyarakat Jawa di daerah ini umumnya telah berbaur dengan kelompok masyarakat lainnya. batas-batas antara kelompok masyarakat tidak begitu jelas lagi terlihat satu dengan lainnya. hal seperti ini hampir ditemukan di berbagai daerah di Indonesia.
 
Proses asimilasi dapat terbentuk apabila terjadi hal-hal sebagai berikut :
  1. Kelompok-kelompok masyarakat yang kebudayaannya berbeda, berbaur dalam waktu yang relatif lama, misalnya kebduayaan Barat dengan kebudayaan Timur, kebudayaan Islam dengan kebudayaan Indonesia, kebudayaan India dengan kebudayaan Indonesia, dan sebagainya.
  2. Individu ( orang-perorang ) sebagai kelompok masyarakat saling bergaul secara langsung dalam waktun yang lama sehingga kebudayaan dari kelompok masyarakat tersebut masing-masing berubah dan saling menyesuaikan diri. Hal ini dapat terlihat pada masyarakat yang heterogen atau majemuk, yang warganya terdiri dari individu-individu  yang berasal dari berbagai macam kebudayaan, berinteraksi satu sama lain sehingga antara satu dengan yang lainnya saling menyesuaikan diri , membentuk masyarakat yang harmonis.


Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Asimilasi


Beberapa faktor yang mempengaruhi asimilasi sehingga mempermudah terjadinya asimilasi antara lain :
  1. Sikap toleransi antara kelompok-kelompok yang berebda kebudayaan atau paham sehingga mendorong terjadinya komunikasi.
  2. Di bidang ekonomi, terdapat kesempatan yang seimbang antara kelompok masyarakat yang berbeda kebudayaannya.
  3. Sikap menghargai orang asing dan kebudayaannya. Hal ini akan menyebabkan orang asing/ pendatang dapat bergaul dan berasimilasi dengan masyarakat setempat.
  4. Sikap terbuka dari golongan yang berkuasa di masyarakat, dengan memberi kesempatan pada golongan kecil untuk mengembangkan dirinya.
  5. Perkawinan campuran di antara orang-orang yang berbeda latar belakang kebudayaan, merupakan faktor yang paling baik bagi kelancaran proses asimilasi.
  6. Musuh bersama dari luar. Bila ada musuh bersama dari luar, kelompok-kelompok yang berbeda kebudayaannya akan bersatu dan bekerjasama untuk melawan.

Beberapa faktor yang menghambat terjadinya asimilasi antara lain :
  1. Kurangnya tingkat pengetahuan masyarakat akan kebudayaan yang dimiliki.
  2. Terisolasinya golongan tertentu dalam kehidupan sosial masyarakat.
  3. Adanya perbedaan fisik yang nyata, misalnya warna kulit atau ciri fisik lainnya.
  4. Munculnya perasaan takut terhadap suatu kekuatan budaya lain yang lebih unggul dari pada kebudayaan yang dimilikinya.
  5. Munculnya prasangka pribadi yang sifatnya negatif.

pengertian asimilasi
Demikianlah penjelasan singkat mengenai pengertian Asimilasi dan faktor yang mempengaruhi asimilasi. Semoga tulisan ini bermanfaat.
loading...

0 Response to "Pengertian Asimilasi dan Faktor yang Mempengaruhi Asimilasi"

Post a Comment