Pencemaran Air Sebagai Akibat Kegiatan Manusia dan Usaha Penanggulangannya

loading...
<
Mengapa terjadi pencemaran air ? pencemaran air yang terjadi adalah akibat ulah kita sendiri sebagai manusia. Banyak perilaku manusia yang baik secara sadar maupun tidak sadar telah menyebabkan pencemaran terhadap perairan, baik perairan darat maupun perairan laut.
 

Bahan-bahan pencemar yang merupakan bahan beracun dan berbahaya, terus-menerus masuk dan mengalir ke dalam sungai dan laut, dan mengganggu ekosistem di perairan itu, sehingga ikan-ikan banyak yang mati.
Pencemaran air atau kerusakan terhadap air dapat terjadi dalam berbagai bentuk, antara lain sebagai berikut :
  1. Pembuangan limbah cair maupun padat dari industri yang berupa bahan berbahaya dan beracun ke sungai kemudian dibawa ke laut. Ada pula limbah industri itu langsung dibuang ke laut karena lokasinya dekat dengan laut. Limbah-limbah industri yang mengandung B3 dan beberapa unsur lainnya seperti air raksa, berpengaruh besar terhadap kehidupan manusia dan makhluk air lainnya..
  2. Pembuangan limbah rumah tangga ke sungai. Salah satu limbah rumah tangga yang berpengaruh terhadap kelestarian perairan yaitu menggunakan sabun dengan deterjen untuk mencuci. Air cucian itu kemudian dibuang ke selokan dan merembes ke air tanah, air selokan selanjutnya mengalir ke sungai dan ke laut. 
  3. Pembuangan sampah-sampah ke sungai baik oleh masyarakat maupun pihak lain menyebabkan sungai penuh dengan sampah-sampah dan akhirnya terbawa arus sampai ke laut.
  4. Pencemaran oleh racun-racun pembasmi hama tanaman sepeprti pestisida dan DDT yang disemprotkan oleh petani pada tanaman, ada diantaranya masuk ke dalam tanah dan ada pula yang masuk ke dalam sungai dan seterusnya ke laut.
  5. Tumpahan minyak di sungai dan di laut akibat kebocoran pipa-pipa minyak, ataupun bocornya kapal-kapal tanker pembawa minyak.


Pencemaran air demikian telah menimbulkan dampak buruk terhadap manusia dan makhluk hidup lainnya. Berbagai macam penyakit timbul pada manusia karena mengkonsumsi air yang telah tercemar, atau makan ikan yang pada tubuhnya telah terdapat timbunan bahan berbahaya dan beracun.
 

Unsur-unsur beracun yang tertimbun dalam tubuh ikan, berasal dari air yang tercemar tempat ikan itu hidup. Bahan-bahan pencemaran yang masuk ke dalam air dan ikan-ikan yang telah lama hidup di dalamnya bila dikonsumsi dalam waktu relatif lama, pada akhirnya dapat mematikan manusia itu sendiri.
 

Ikan-ikan di sungai maupun di laut banyak yang mati akibat kecarunan air yang mengalami pencemaran air di tempat ikan itu hidup. Bila hal ini terus terjadi, suatu ketika malapetaka yang diterima manusia akan lebih besar lagi.
 

Apakan pencemaran air akan dibiarkan terus menerus terjadi ? tentu saja tidak. Manusia selalu mencari cara-cara untuk mengurangi, bahkan kalau mungkin menghilangkan pencemaran terhadap perairan. Beberapa usaha penanggulangan pencemaran air antara lain :
  1. Limbah-limbah industri sebelum dibuang ke sungai atau laut harus dinetralkan terlebih dahulu sehingga tidak lagi mengandung unsur-unsur yang mencemari perairan. Untuk itu, setiap industri diwajibkan memiliki unit pengolahan limbah.
  2. Melarang pembuangan sampah ke selokan atau parit, sungai, danau, dan laut. Sampah harus dibuang di tempat yang telah ditentukan.
  3. Mengurangi penggunaan pestisida dalam membasmi hama tanaman. Musuh-musuh alami (predator) hama tanaman perlu dikembangkan agar dapat membasmi hama tanpa pestisida.
  4. Setiap perusahaan minyak diwajibkan memiliki peralatan yang dapat membendung tumpahan minyak dan kemudian menyedotnya kembali. Dengan demikian, tumpahan minyak tidak akan melebar luas sehingga pengaruhnya terhadap pencemaran dapat berkurang.
  5. Daur ulang, yaitu pengolahan kembali sampah-sampah menjadi bahan yang berguna. Sampah-sampah yang busuk dari bahan organik dapat diolah kembali menjadi pupuk kompos. Kaleng-kaleng bekas seperti aluminium dapat diolah kembali menjadi aluminium baru. Demikian pula barang-barang lainnya yang tidak perlu dibuang karena hanya akan menimbulkan terjadi pencemaran air.

Demikianlah penjelasan mengenai pencemaran air, sebab terjadinya pencemaran air dan usaha penanggulangannya. Semoga tulisan ini bermanfaat.

pencemaran air

0 Response to "Pencemaran Air Sebagai Akibat Kegiatan Manusia dan Usaha Penanggulangannya"

Post a Comment