Tuesday, 19 January 2016

Jenis-Jenis Sungai

loading...

Berdasarkan sumber airnya, ada 3 jenis sungai, yaitu :
 

1.    Sungai hujan
 
Sungai hujan yaitu sungai yang airnya berasal dari air hujan baik secara langsung maupun tidak langsung. Sungai hujan yang airnya secara langsung berasal dari air hujan, apabila curah hujan yang jatuh langsung masuk di permukaan bumi dan masuk ke dalam aliran sungai.
 
Sungai hujan yang airnya secara tidak langsung berasal dari air hujan, apabila curah hujan yang jatuh terlebih dahulu mengalami peresapan ke dalam tanah (infiltirasi), dan pada tempat-tempat yang lebih rendah air hujan yang meresap tadi muncul kembali ke permukaan bumi sebagai mata air, kemudian membentuk aliran sungai.
Pada umumnya, sungai-sungai di Indonesia tergolong jenis sungai hujan, kecuali beberapa sungai di Papua yang tergolong sungai campuran.
 

2.    Sungai gletsyer
 
Sungai gletsyer yaitu sungai yang airnya berasal dari gletsyer atau salju yang telah mencair. Gletsyer adalah lapisan es yang bergerak secara perlahan melalui lembah menuruni pegunungan-pegunungan karena gaya beratnya. Sungai gletsyer banyak terdapat di daerah-daerah beriklim dingin dan sekitar kutub.
 

3.    Sungai campuran
 
Sungai campuran yaitu jenis sungai yang sumber airnya berasal dari air hujan dan gletsyer yang mencair. Di daerah lintang sedang, pegunungan-pegunungan sangat tinggi umumnya tertutupi oleh salju, karena banyak gletsyer menuruni lereng melalui lembah tersebut.
 
Karena perubahan suhu, salju dan gletsyer sewaktu-waktu dapat mencair dan mengisi lembah-lembah sungai di sekitarnya. Di samping itu, karena daerah tersebut juga mempunyai presipitasi yang cukup tinggi maka air hujan di daerah itu juga masuk ke dalam palung-palung sungai
 
Sungai yang airnya berasal dari glesyer yang mencair dan juga air hujan disebut sungai campuran. Contoh sungai campuran di Indonesia yaitu Sungai Digul dan Memberamo di Propinsi Papua, yang hulunya berada di sekitar puncak Jaya Wijaya yang puncaknya selalu tertutup salju abadi.
 

Berdasarkan debit airnya, ada 3 macam sungai, yaitu :
 

1.    Sungai permanen
 
Sungai permanen yaitu jenis sungai yang debit airnya hampir tetap sepanjang tahun. Pada musim hujan maupun musim kemarau perbedaan debit air tidak terlalu besar. Contoh sungai permanen adalah Sungai Mahakam, Sungai Barito, Sungai Kapuas, Sungai Musi, dan Sungai Memberamo.
 

2.    Sungai periodik
 
Sungai periodik yaitu sungai yang airnya melimpah pada musim penghujan dan kecil pada musim kemarau. Sungai-sungai jenis ini banyak terdapat di Pulau Jawa karena DAS sungai-sungai di Pulau Jawa sudah banyak berubah menjadi daerah pertanian. Contoh sungai periodik adalah Sungai Bengawan Solo dan Kali Brantas.
 

3.    Sungai episodik
 
Sungai episodik yaitu jenis sungai yang debit airnya besar pada musim penghujan dan kering pada musim kemarau. Sungai-sungai seperti ini banyak terdapat pada daerah-daerah yang musim kemaraunya sangat panjang dibandingkan musim penghujannya. Contoh sungai episodik adalah sungai Kalada di Pulau Sumbawa.
 
jenis-jenis sungai
Demikianlah pejelasan mengenai jenis-jenis sungai atau macam-macam sungai. Semoga tulisan ini bermanfaat.
>

loading...
Jenis-Jenis Sungai Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Chumank Rush

0 komentar:

Post a Comment