Friday, 15 January 2016

Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial

loading...


Interaksi sosial yang  berlangsung secara terus-menerus dan berulang-ulang dapat menghasilkan sebuah proses sosial. Proses sosial itu sendiri diartikan sebagai suatu perilaku berulang dari seseorang atau  sekelompok orang yang digunakannya untuk berinteraksi dengan orang atau kelompok orang lain. Ditinjau dari proses terjadinya, bentuk-bentuk interaksi sosial dapat dikenali melalui proses sosial asosiasi dan proses sosial disosiasi.

 

Proses asosiasi


Proses asosiasi adalah proses intraksi sosial antara pihak-pihak yang berhubungan dengan proses penggabungan dua objek atau tanggapan yang saling bergantung, berkoordinasi, dan bekerja sama. Proses interaksi sosial asosiasi antara lain tercakup dalam bentuk kegiatan kerja sama, akomodasi, asimilasi, akulturasi, dan konsensus. Macam-macam bentuk interaksi sosial tersebut antara lain dijelaskan sebagai berikut :
 
Kerja sama, merupakan proses seseorang atau sekelompok orang untuk berusaha bersama-sama dalam rangka mencapai tujuan bersama sehingga dapat mencapai hasil yang maksimal. Bentuk kerja sama antara lain kerja sama spontan dan kerja sama langsung. Kerja sama langsung terjadi menjadi dua bagian, yaitu kerja sama kontrak dan kerja sama tradisional. Kerja sama kontrak adalah kerja sama atas dasar-dasar tertentu yang disepakati bersama. Kerja sama tradisional adalah kerja sama sebagian atau seluruh unsur tertentu dari sistem sosial
 
Akomodasi, adalah suatu proses tujuan atau upaya penyelesaian sementara antara pihak-pihak yang sedang berselisih atau yang berpotensi untuk berselisih. Bentuk-bentuk akomodasi antara lain:
a.    Paksaan atau koersi,
b.    Kompromi,
c.    Arbitrasi,
d.    Mediasi,
e.    Konsiliasi,
f.    Toleransi,
g.    Saling tidak bereaksi (stalemate),
h.    Ajudikasi
 

Penjelasan mengenai bentuk-bentuk akomodasi akan dijelaskan pada tulisan lainnya.
 
Asimilasi, merupakan suatu proses peleburan atau penyatuan beberapa kebudayaan yang berbeda menjadi satu sehingga menyebabkan ciri dari kebudayaan aslinya menjadi hilang (telah menjadi kebudayaan baru).
 
Akulturasi, merupakan suatu proses penerimaan atau pengolahan unsur-unsur kebudayaan luar atau asing menjadi bagian keudayaan yang dimiliki seseorang atau sekelompok orang tanpa menghilangkan ciri dari kebudayaan aslinya.
 
Konsensus,  merupakan suatu bagian dari proses kesepakatan atau persetujuan. Di dalam konsensus terkandung pula unsur kerja sama. Hasil konsensus dari pihak-pihak yang mengadakan persetujuan atau kesepakatan dibuat agar dapat saling menguntungkan.
 

Proses disosiasi


Proses disosiasi terjadi ketika pihak-pihak yang berhubungan tidak memiliki kedudukan yang seimbang. Dengan demikian, yang dimaksud dengan proses disosiasi adalah suatu proses interaksi sosial di antara pihak-pihak yang bersifat memecah dua objek atau tanggapan akibat adanya perbedaan-perbedaan. Macam-macam bentuk interaksi sosial disosiasi antara lain :
 
Persaingan / kompetisi, merupakan bentuk interaksi sosial yang ditandai oleh adanya usaha yang labih baik dari seseorang atau sekelompok orang untuk mencapai tujuan tertentu. Bentuk-bentuk persaingan atau kompetisi berdasarkan sifatnya dibedakan atas dua jenis, yaitu persaingan yang bersifat individual dan persaingan yang bersifat mengelompok. Secara umum, persaingan  atau kompetisi dapat berupa persaingan di berbagai bidang, seperti ekonomi, sosial, budaya, bahkan perbedaan ras.
 
Kontravensi, merupakan suatu bentuk interaksi sosial yang ditandai dengan adanya bentuk ketidakpastian, keraguan, dan penolakan tertutup terhadap suatu hal, seseorang, atau sekelompok orang. Kontravensi berada di antara persaingan dan konflik.
 
Pertentangan atau konflik merupakan bentuk interaksi sosial yang ditandai dengan adanya pertentangan antarindividu, individu dengan kelompok, atau antarkelompok akibat perbedaan yang ada dengan cara mengancam atau menggunakan kekerasan.
 
Demikianlah penjelasan mengenai bentuk-bentuk interaksi sosial. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua.  
>

loading...
Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Chumank Rush

0 komentar:

Post a Comment