Tuesday, 19 January 2016

Angin Lembah, Angin Gunung dan Angin Fohn atau Angin Jatuh

loading...

Angin lembah dan angin gunung


Di daerah yang bergunung-gunung dan berlembah terutama di daerah pedalaman, pengaruh laut tidak terasa lagi. Akan tetapi, di lembah-lembah terdapat gerakan angin melalui lereng menuju puncak gunung.
 
Hal ini disebabkan karena pada siang hari puncak gunung lebih cepat panas dibandingkan lembah sehingga tekanan udara di puncak gunung lebih rendah dibandingkan dengan tekanan udara di lembah. Akibatnya, udara bergerak ke atas sepanjang lereng dan disebut angin lembah. Udara yang bergerak ke atas, adalah udara yang mantap atau tidak stabil.
 
Sebaliknya, pada malam hari lembah lebih panas dibandingkan puncak gunung, sehingga tekanan udara di lembah lebih rendan (minimum) dibandingkan tekanan udara di puncak gunung (maksimum) dan angin bergerak menuju ke dasar lembah yang melalui sisi lembah disebut angin gunung.

 

Angin jatuh atau angin fohn


Angin yang mengandung udara lembab bertiup ke arah pegunungan. Karena terhalang oleh pegunungan, maka angin tersebut naik mengikuti lereng dan mengalami penurunan suhu 0,6 derajat Celcius setiap naik 100 m.
 
Pada saat angin bergerak naik, uap air dikandungnya mengalami pengembunan dan turunlah hujan di sebelah lereng pendakian. Selanjutnya angin terus bergerak melewati puncak pegunungan dan menuruni lereng sebelahnya sebagai angin kering.
 
Pada waktu angin yang sudah kering tersebut menuruni lereng sebelahnya, temperatur udara bertambah 1 derajat Celsius setiap turun 100 m dan disebut dengan angin panas. Oleh sebab itu, sifat angin fohn adalah kering dan panas, sehingga dapat merusak tanaman atau pemukiman yang dilaluinya.
 
angin lembah, angin gunung dan angin fohn
Contoh angin fohn :
Angin Bahorok di lereng Bukit Barisan (Sumatera Utara)
Angin Brubu di lereng gunung Lompo Batang (Sulawesi Selatan)
Angin Gending di Probolinggo (Jawa Timur)
Angin Kumbang di Cirebon (Jawa Tengah)
Angin Wambrau di Papua (Irian Jaya)
>

loading...
Angin Lembah, Angin Gunung dan Angin Fohn atau Angin Jatuh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Chumank Rush

0 komentar:

Post a Comment