Wednesday, 2 December 2015

Pengertian Norma dan Fungsi Norma Sosial

loading...


Pengertian norma


Norma dan nilai merupakan dua istilah yang saling berkaitan, tetapi terdapat perbedaan di antara keduanya. Nilai adalah segala sesuatu yang baik, luhur, diinginkan, dan dianggap penting oleh masyarakat, sedangkan norma adalah kaidah atau aturan, patokan, ukuran-ukuran tertentu yang berkembang di masyarakat untuk dipatuhi bersama.
Norma merupakan petunjuk hidup yang berisi perintah dan larangan yang ditetapkan bersama berdasarkan budaya setempat yang mengatur perilaku manusia di masyarakat. Di dalam kehidupan bersama bermasyarakat terdapat berbagai macam norma seperti norma agama, norma kesopanan, norma kesusilaan, norma hukum, norma adat, norma kebiasaan atau kelaziman, dan lain-lain.
Adanya norma sosial menyebabkan seseorang harus berpikir terlebih dahulu sebelum melakukan suatu tindakan atau perbuatan terhadap orang lain atau di masyarakat. Bila seseorang melanggar norma-norma yang berlaku di masyarakat, orang tersebut akan diberikan sanksi.
Contoh :
Pada masyarakat Batak, dikalangan marga tertentu dilarang untuk mengawini gadis yang semarga dengannya. Bagi yang melanggar aturan tersebut akan dikenakan sanksi adat yang merupakan akibat melanggar aturan.
Pada masyarakat yang beragama Islam dilarang melakukan perkawinan yang tidak sesuai dengan norma agama Islam, maka apabila ada yang melanggarnya akan menerima sanksi sebagai akibat melanggar aturan.

Fungsi norma sosial


Norma sosial diperlukan agar nilai-nilai sosial yang ada di dalam masyarakat dapat terwujud dengan baik. Secara umum, fungsi norma sosial adalah sebagai berikut :
  • Mengatur orang untuk bertindak dan berpikir sesuai dengan batasan-batasan dan aturan-aturan berupa perintah dan larangan di lingkungan masyarakat. Bila perintah dilanggar dan larangan dilakukan, maka akan mendapat sanksi sesuai dengan norma yang berlaku.
  • Mewajibkan setiap orang agar menyesuaikan diri dengan norma yang berlaku di dalam masyarakat. Misalnya bila berpapasan di jalan dengan orang yang sudah saling mengenal, biasanya salah satu dari orang tersebut akan mengangkat tangan atau mengucapkan salam dan bagi orang yang tidak melakukannya dianggap sombong. Sebagai sanksinya, orang tersebut akan dikucilkan di masyarakat.
  • Mengikat atau mengendalikan individu agar terjalin kerja sama antara anggota masyarakat dengan masyarakat lainnya. tindakan setiap anggota masyarakat, harus dapat mengikuti dan mengendalikan diri sesuai dengan norma yang berlaku sehingga hubungan sesama anggota masyarakat dapat terpelihara dengan baik.
Demikianlah penjelasan mengenai pengertian norma dan fungsi norma sosial di dalam kehidupan bermasyarakat. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua.
pengertian dan fungsi norma sosial

>

loading...
Pengertian Norma dan Fungsi Norma Sosial Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Chumank Rush

0 komentar:

Post a Comment