Wednesday, 9 December 2015

Pengertian Globe dan Fungsi Globe

loading...


Globe adalah tiruan bola bumi dalam bentuk yang kecil. Globe berbentuk bola yang menggambarkan bola bumi dengan meletakkan peta bumi di atas permukaannya. Pada dasarnya globe dibuat sebagai model yang cocok dengan bentuk bumi yang sebenarnya.
 
Globe merupakan bentuk bumi dengan skala yang sangat kecil. Kedudukan globe tidak tegak lurus tetapi miring 66,5° terhadap bidang datar. Hal ini sesuai dengan kedudukan bumi yang miring 66,5° terhadap bidang lintasan orbitnya.
 
Sama halnya dengan peta dan atlas, globe juga menggambarkan permukaan bumi, namun dalam penggunaanya terapat perbedaan dengan peta datar. Fungsi Globe adalah dapat memberikan informasi sebagai berikut :
  1. Menunjukkan bentuk bumi. Globe bentuknya bulat, sehingga hampir mendekati bentuk bumi yang sebenarnya. Pada kenyataannya, bentuk bumi itu sediri tidaklah bulat, melainkan pada kedua kutubnya terjadi pemepatan.
  2. Menunjukkan sistem garis lintang dan garis bujur. Pada globe, garis lintang kelihatan merupakan lingkaran-lingkaran yang sejajar dengan khatulistiwa. Makin jauh dari khatulistiwa, lingkaran-lingkaran tersebut semakin kecil dan pada kutub utara/kutub selatan hanya merupakan sebuah titik saja. Demikian juga, garis bjur merupakan semua lingkaran melalui kutub utara dan kutub selatan yang besarnya sama.
  3. Memeprlihatkan gambaran bentuk muka bumi secara utuh. Gambaran permukaan bumi secara utuh hanya dapat dilihat melalui globe. Pada peta datar permukaan bumi tidak dapat kita amati secara keseluruhan.
  4. Memperagakan gerak rotasi bumi. Gerak rotasi bumi (perputaran bumi pada sumbunya) dapat diperagakan melalui globe dengan memutar globe sesuai dengan arah perputaran bumi yang sebenarnya, yaitu dari arah barat ke timur (berlawanan dengan arah perputaran jarum jam).
  5. Memperagakan terjadinya siang dan malam. Dengan memutar globe sesuai dengan arah rotasi bumi, permukaan bumi secara bergantian akan menghadap ke matahari. Bagian permukaan bumi yang menghadap ke matahari mengalami siang dan bagian yang membelakangi mata
    pengertian globe dan fungsi globe
    hari mengalami malam.
Informasi geografi yang dapat kita peroleh melalui globe dengan menggunakan garis lintang dan garis bujur ternyata mempunyai persamaan dengan peta, yaitu sebagai berikut :
  1. Menemukan lokasi atau tempat suatu objek di muka bumi ( letak astronomis ).
  2. Mencari perbedaan waktu antara satu tempat dengan tempat lain yang berbeda garis bujurnya. Perbedaan waktu sebesar 1 jam ditunjukkan dengan selisih perbedaan garis bujur sebesar 15°. Atau, berarti setiap 1° berbeda waktu 4 menit.

>

loading...
Pengertian Globe dan Fungsi Globe Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Chumank Rush

0 komentar:

Post a Comment