Pengertian Atlas, Jenis-Jenis Atlas dan Penjelasannya


Atlas adalah kumpulan peta yang dibuat dalam bentuk buku, dan disusun secara sistematis. Kumpulan-kumpulan peta yang ada di dalam satu atlas mempunyai pola dengan simbol, penafsiran, serta bahasa yang sama.
 
Atlas yang kita temukan kebanyakan bersifat umum (atlas umum), akan tetapi ada pula yang bersifat khusus (atlas khusus). Atlas khusus antara lain Atlas sejarah Indonesia, yaitu atlas yang khusus menggambarkan peta-peta yang berhubungan dengan sejarah Indonesia.
 
Pada atlas umum, peta-peta yang terdapat di dalamnya selain peta umum seperti peta topografi, banyak pula terdapat peta-peta khusus (peta tematik seperti penyebaran penduduk, peta pertambangan, peta perhubungan, peta pariwisata, peta iklim, peta curah hujan, dan lain-lain).
 
Atlas ada yang bersifat nasional, regional, maupun dunia. Atlas yang bersifat nasional misalnya Atlas Indonesia. Pada atlas tersebut hanya berisi peta-peta tentang Indonesia seperti peta-peta provinsi Indonesia, dan peta-peta tematik yang berhubungan dengan Indonesia.
 
Atlas regional menggambarkan peta-peta tertentu di bagian bumi, misalnya Asia Tenggara, Asia Timur, Asia Barat, Eropa Barat, Amerika Utara dan lain-lain. Sedangkan atlas dunia menggambarkan peta-peta yang mencakup seluruh bagian bumi, baik berupa benua-benua, negara, iklim dunia, penyebaran penduduk dunia dan sebagainya.
 
Syarat-syarat atlas yang baik antara lain :
  1. Judul atlas, yang mencerminkan isi atlas tersebut, misalnya Atlas Indonesia, Atlas Dunia, Atlas Sejarah Indonesia, dan lain-lain.
  2. Memuat daftar isi, yang bertujuan untuk memudahkan mencari peta yang diinginkan dalam atlas.
  3. Peta yang terdapat di setiap halaman atlas diberi judul tersendiri sesuai peta yang digambarkan, dan bila halaman tersebut menggambarkan peta tematik,, dilengkapi dengan legendanya.
  4. Pada peta-peta umum menggunakan tata warna sesuai dengan simbol-simbol peta yang terdapat dalam legenda.
  5. Pada halaman depan dicantumkan legenda peta yang menjelaskan arti simbol-simbol yang terdapat dalam atlas.
  6. Pada halaman-halaman akhir dari atlas, terdapat indeks yang memuat nama-nama yang ada di dalam atlas tersebut, seperti nama-nama kota, pulau, kepulauan, sungai, laut, selat, gunung, pegunungan dan sebagainya.
Dengan adanya syarat-syarat atlas yang lengkap dan baik, berbagai informasi yang hendak kita cari di atlas, baik berupa informasi fisik maupun informasi kondisi sosial ekonomi suatu wilayah dapat dengan mudah ditemukan.
 
Contoh :
  1. Mencari informasi tentang kondisi fisik suatu wilayah atau daerah seperti relief. Selain itu, juga dapat digunakan mencari informasi tentang kondisi sosial ekonomi, seperti persebaran penduduk dan persebaran barang tambang tergantung pada isi atlasnya.
  2. Mencari letak suatu tempat (lokasi), seperti negara, provinsi, kota, dan lain-lain. 
pengertian atlas dan jenis-jenis atlas

0 Response to "Pengertian Atlas, Jenis-Jenis Atlas dan Penjelasannya"

Post a Comment