Objek Geografi dan Penjelasannya


Apa itu objek geografi ? objek geografi adalah hal-hal yang dijadikan sasaran atas penelitian geografi. Objek geografi dapat dibagi menjadi beberapa sasaran yang terbagi atas beberapa bidang geografi, yaitu sebagai berikut :
 
Litosfer, yaitu lapisan batuan yang menyusun kulit bumi. Objek geografi yang berhubungan dengan litosfer yang dapat dipetakan misalnya bentuk-bentuk muka bumi, seperti daerah pegunungan, dataran rendah, penyebaran gunung api, jenis-jenis tanah, daerah-daerah gempa bumi, dan lain-lain.
 
Atmosfer yaitu lapisan air yang mengelilingi bumi. Objek geografi yang dapat dibuat petanya yang berhubungan dengan atmosfer antara lain, keadaan iklim, peta curah hujan, suhu udara, arah angin, dan lain-lain.
 
Hidrosfer yaitu lapisan air yang mengelilingi bumi. Objek geografi yang berhubungan dengan hidrosfer yang dapat dibuat petanya antara lain peta perairan laut, peta daerah aliran sungai (DAS), peta penyebaran danau, dan lain-lain.
 
Biosfer, yaitu kehidupan yang terdapat di bumi. Kehidupan di bumi dapat dibagi atas tiga macam yaitu kehidupan binatang (fauna), tumbuh-tumbuhan (flora), dan manusia. Kehidupan manusia sebagai bagian dari bumi disebut juga antroposfer.
 
Objek geografi yang berhubungan dengan flora dan fauna yang digambarkan dalam bentuk peta misalnya peta penyebaran fauna, peta penyebaran flora, dan sebagainya.
 
Objek geografi sebagaimana yang disebutkan di atas dikelompokkan menjadi objek geografi yang berhubungan dengan alam (objek alam), sedangkan objek geografi yang menyangkut manusia digolongkan dengan objek budaya, yaitu objek yang dibuat atau diusahakan oleh manusia.
 
Objek budaya yang dapat dibuat peta jumlahnya sangat banyak, tergantung pada kebutuhan. Peta yang menggambarkan objek manusia antara lain peta penyebaran penduduk, peta pariwisata, peta irigasi, peta perhubungan, dan lain-lain.
 
Objek peta, baik berupa bentang alam maupun bentang budaya, sering pula digambarkan dalam suatu peta seperti halnya peta topografi. Objek alam yang digambarkan seperti pegunungan, dataran rendah, dataran tinggi, dibuat dalam bentuk simbol warna sedangkan objek alam lainnya seperti sungai, danau, gunung, dan lain-lain, dibuat dengan simbol tersendiri.
 
Objek budaya antara lain berupa jalan raya, letak kota-kota, pelabuhan laut, lapangan udara, rel kereta api, dan lain-lain. Demikianlah penjelasan mengenai objek geografi. Semoga tulisan singkat ini bermanfaat. 
objek geografi
objek geografi

0 Response to "Objek Geografi dan Penjelasannya"

Post a Comment