Keadaan Iklim di Indonesia

loading...

Letak Indonesia sangat berpengaru besar terhadap keadaan iklim di Indonesia. secara umum, iklim di Indonesia dapat dibedakan atas 3 macam, yaitu :
 

1.    Iklim tropis
 
Hal ini terjadi karena Indonesia dilalui oleh garis khatulistiwa. Akibatnya, suhu rata-rata di Indonesia sangat tinggi. Pada tahun 2003 misalnya, suhu rata-rata minimum 24,16 °C dan maksimum mencapai 31,35°C. Karena suhu rata-rata yang sangat tinggi, maka disebut pula sebagai iklim panas.
 

2.    Iklim laut
 
Hal ini karena Indonesia sebagai negara kepulauan dan diapit oleh dua samudera besar, menyebabkan kelembaban udara rata-rata tinggi. Kelembaban udara rata-rata udara pada tahun 2003 misalnya berkisar antara 61,53% sampai 80,98%. Hal ini akan memudahkan terbentuknya hujan.
 
Curah hujan di Indonesia rata-rata 2000-3000 mm setahun. Curah hujan tertinggi tercatat di daerah Baturaden, Jawa Tengah mencapai 7.069 mm pertahun, sedangkan yang paling rendah terdapat di kota Palu dengan curah hujan hanya sekitar 547 mm setahun.
 

3.    Iklim musim
 
Hal ini terjadi karena Indonesia diapit oleh dua benua yang dipisahkan oleh garis khatulistiwa. Pada bulan Desember sampai Maret, arus angin bertiup dari Asia dan Samudera Pasifikmelewati Indonesia dan Australia.
 
Karena angin ini bertiup dari Samudera Pasifik, banyak membawa uap air sehingga menyebabkan musim hujan di Indonesia. Sebaliknya pada bulan Juni sampai September angin bertiup dari Australia menuju Asia melalui Indonesia. Angin ini merupakan angin kering karena berasal dari Australia yang sebagian besar merupakan gurun pasir sehingga terjadi musim kemarau di Indonesia.
 

Di samping faktor-faktor tersebut di atas, karena luasnya wilayah Indonesia dan keadaan geografis yang tidak sama semuanya, perbedaan musim dapat terjadi antara satu daerah dengan daerah lainnya.
 
iklim di Indonesia



loading...

0 Response to "Keadaan Iklim di Indonesia"

Post a Comment