Thursday, 10 December 2015

Jenis-Jenis Hutan di Indonesia

loading...


Berikut ini adalah beberapa jenis hutan yang ada di Indonesia yang timbul karena dipengaruhi oleh keadaan iklim di Indonesia.
 

Hutan musim
 
Hutan musim terdapat di daerah Indonesia yang mempunyai perbedaan musim hujan dan kemarau yang nyata. Pohon-pohon hutan musim memiliki kulit kayu yang tebal. Pada musim kemarau sebagian pohon-pohonnya meranggas untuk mengurangi penguapan. Selanjutnya, pada musim penghujan menghijau kembali. Contoh hutan musim adalah hutan jati dan kapuk randu. Hutan musim banyak terdapat di daerah Jawa Tengah, Jawa Timur sampai Nusa Tenggara.

 
Sabana
 
jenis-jenis hutan di Indonesia
sabana

Sabana terdapat di daerah yang curah hujannya tidak tinggi. Daerah sabana berupa padang rumput yang di sana sini terdapat pepohonan yang bergerombol. Sabana terdapat di Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Wilayah ini baik untuk beternak kuda, sapi dan kambing.

 
Stepa
 
Stepa adalah hutan padang rumput yang cukup luas. Stepa terdapat di daerah yang curah hujannya rendah. Hutan stepa di Indonesia jumlahnya tidak banyak. Hutan stepa terdapat di wilayah Indonesia bagian timur. Daerah yang banyak terdapat hutan stepa adalah Nusa Tenggara Timur.

 
Hutan Lumut
 
Hutan lumut terdapat di daerah pegunungan tinggi yang selalu tetutup kabut karena letaknya yang sangat tinggi dari permukaan laut, sehingga udara sangat lembab dan suhu udara rendah. Hutan lumut ini terdiri dari pohon-pohonan yangpenuh ditumbuhi lumut. Misalnya di pegunungan tinggi Papua, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Jawa.

 
Hutan bakau
 
Hutan bakau adalah hutan yang tumbuh di pantai berlumpur. Bakau mempunyai daun yang berlapis tebal di permukaannya karena untuk mengurangi penguapan. Selain itu, memiliki akar yang sebagian muncul di permukaan untuk mendapatkan oksigen. Hutan bakau banyak terdapat di Pantai Papua, Sumatera bagian timur, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Selatan.

 
Hutan Rawa
 
Hutan rawa banyak terdapat di daerah-daerah di Indonesia. hutan rawa air tawar tidak menghailkan kayu yang baik, tetapi tanahnya dapat dimanfaatkan sebagai tanah pertanian yang baik. Hutan rawa gambut, menghasilkan kayu yang sangat penting. Salah satu hasilnya adalah kayu ranim.hutan rawa gambut banyak terdapat di Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah.
>

loading...
Jenis-Jenis Hutan di Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Chumank Rush

0 komentar:

Post a Comment