Tujuan Manajemen Modal Kerja

loading...

Manajemen modal kerja memiliki arti yang sangat penting  bagi operasional suatu perusahaan. Di samping itu, manajemen modal kerja juga memiliki beberapa tujuan tertentu yang hendak dicapai. Oleh karena itu, setiap perusahaan pasti berusaha memenuhi kebutuhan modal kerja agar dapat mencapai likuiditasnya.

Dengan terpenuhinya modal kerja, maka perusahaan akan dapat memaksimalkan perolehan labanya. Bagi perusahaan yang kekurangan modal kerja, dapat membahayakan kelangsungan hidup perusahaan yang bersangkutan, karena sulit atau tidak dapat memenuhi likuiditas dan target laba yang diinginkan. Kecukupan modal kerja juga merupakan salah satu ukuran kinerja manajemen perusahaan.
 
Kemudian, tujuan manajemen modal kerja bagi perusahaan adala sebagai berikut :
  1. Modal kerja digunakan untuk memenuhi kebutuhan likuiditas perusahaan, artinya likuiditas suatu perusahaan sangat tergantung pada manajemen modal kerja.
  2. Dengan modal kerja yang cukup perusahaan memiliki kemampuan untuk memenuhi kewajiban pada waktunya. Pemenuhan kewajiban yang sudah jatuh tempo dan segera harus dibayar secara tepat  waktu merupakan ukuran keberhasilan manajemen modal kerja.
  3. Memungkinkan perusahaan untuk memiliki sediaan yang cukup dalam rangka memenuhi kebutuhan pelanggannya.
  4. Memungkinkan perusahaan untuk memperoleh tambahan dana dari para kreditor, apabila rasio keuangannya, memenuhi syarat seperti likuiditas yang terjamin.
  5. Memungkinkan perusahaan memberikan syarat kredit yang menarik minat pelanggan, dengan kemampuan yang dimilikinya.
  6. Guna memaksimalkan penggunaan aktiva lancar guna meningkatkan penjualan dan laba.
  7. Perusahaan mampu melindungi diri apabila terjadi krisis modal kerja akibat turunnya nilai aktiva lancar.
  8. Dan tujuan manajemen modal kerja lainnya
Tujuan manajemen modal kerja di atas dapat tercapai apabila modal kerja perusahaan dikelola dengan benar sesuai dengan konsep manajemen modal kerja. Dan ini merupakan tanggung jawab utama dari seorang manajer keuangan untuk mampu mengelolanya.
tujuan manajemen modal kerja

Demikianlah penjelasan mengenai tujuan manajemen modal kerja. Semoga bermanfaat.
loading...

0 Response to "Tujuan Manajemen Modal Kerja"

Post a Comment