Tuesday, 10 November 2015

Sikap dan Perilaku Wirausaha

loading...


Sikap dan perilaku pengusaha dan seluruh karyawannya merupakan bagian penting dalam etika wirausaha. Oleh karena itu, dalam praktiknya sikap dan perilaku wirausaha yang harus ditunjukkan oleh pengusaha dan seluruh karyawannya, terutama karyawan pada bagian customer service, sales, teller, dan satpam harus sesuai dengan etika yang berlaku.

Sikap dan tingkah laku menunjukkan kepribadian karyawan suatu perusahaan. Sikap dan perilaku wirausaha ini harus diberikan sama mutunya kepada seluruh pelanggan tanpa pandang bulu.
 
Adapun sikap dan perilaku wirausaha yang harus dijalankan oleh pengusaha dan seluruh karyawan adalah sebagai  berikut :
 
1.    Jujur dalam bertindak dan bersikap
 
Sikap jujur merupakan modal utama seorang karyawan dalam melayani pelanggan. Kejujuran dalam berkata, berbicara, bersikap maupun bertindak. Kejujuran inilah yang akan menumbuhkan kepercayaan pelanggan atas layanan yang diberikan.
 
2.    Rajin, tepat waktu dan tidak pemalas
 
Seorang karyawan dituntut untuk rajin dan tepat waktu dalam bekerja terutama dalam melayani pelanggan. Di samping itu, karyawan juga dituntut untuk cekatan dalam bekerja, pantang menyerah, selalu ingin tahu, dan tidak mudah putus asa. Hal yang paling penting adalah hilangkan sikap pemalas bagi seluruh karyawan.
 
3.    Selalu murah senyum
 
Dalam menghadapi pelanggan atau tamu, seorang karyawan harus bersikap selalu murah senyum. Jangan sekali-kali bersikap murung atau cemberut. Dengan senyum kita mampu meruntuhkan hati pelanggan untuk menyukai produk atau perusahaan kita. Pelanggan biasanya akan tersanjung dengan senyum yang ditunjukkan karyawan.
 
4.    Lemah lembut dan ramah tamah
 
Dalam bersikap dan berbicara pada saat melayani pelanggan atau tamu hendaknya dengan suara yang lemah lembut dan sikap yang ramah tamah. Sikap seperti ini dapat menarik minat tamu dan membuat pelanggan betah berhubungan dengan perusahaan.
 
5.    Sopan santun dan hormat
 
Dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan hendaknya selalu bersikap sopan dan hormat. Dengan demikian, pelanggan juga akan menghormati pelayanan yang diberikan karyawan tersebut.
 
6.    Selalu ceria dan pandai bergaul
 
Sikap selalu ceria yang ditunjukkan karyawan dapat memecahkan kekakuan yang ada. Sementara itu, sikap pandai begaul juga akan menyebabkan pelanggan merasa cepat akrab dan merasa seperti teman lama sehingga segala sesuatu berjalan lancar.
 
7.    Fleksibel dan suka menolong pelanggan
 
Dalam menghadapi pelanggan, karyawan harus dapat memberikan pengertian dan mau mengalah kepada pelanggan. Segala sesuatu dapat diselesaikan dan ada jalan keluarnya dengan cara yang fleksibel. Tidak ada masalah yang tidak dapat diselesaikan asalkan mengikuti peraturan yang berlaku. Karyawan juga diharapkan suka menolong pelanggan yang mengalami kesulitan sampai menemui jalan keluarnya.
 
8.    Serius dan memiliki rasa tanggung jawab
 
Dalam melayani pelanggan, karyawan harus serius dan bersungguh-sungguh. Karyawan harus tabah dalam menghadapi pelanggan yang suka berkomunikasi atau suka ngeyel. Selain serius, karyawan juga harus mampu bertanggung jawab terhadap pekerjaannya sampai pelanggan merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan.
 
sikap dan perilaku wirausaha
9.    Rasa memiliki perusahaan yang tinggi
 
Seorang karyawan harus merasa memiliki perusahaan sebagai milik sendiri. Rasa memiliki perusahaan yang tinggi akan memotivasi karyawan untuk melayani pelanggan. Di samping itu, karyawan juga harus memiliki jiwa pengabdian, loyal dan setia terhadap perusahaan.
 
Demikianlah penjelasan mengenai sikap dan perilaku wirausaha. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua.  
>

loading...
Sikap dan Perilaku Wirausaha Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Chumank Rush

0 komentar:

Post a Comment