Pengertian Tenaga Endogen dan Contoh Tenaga Endogen

loading...
<

Tenaga endogen adalah tenaga yang berasal dari dalam bumi yang menyebabkan terjadinya perubahan bentuk muka bumi. Dari pengertian tenaga endogen itu, maka dapat kita ketahui bahwa tenaga endogen berasal dari dalam bumi itu sendiri. Proses pembentukan muka bumi memakan waktu yang sangat lama dan tenaga endogen memiliki peran dalam pembentukan muka bumi itu, terutama pembentukan muka bumi yang bersifat membangun.

Bentuk-bentuk tenaga endogen meliputi tektonisme, vulkanisme, dan seisme (gempa bumi). Berikut ini adalah contoh tenaga endogen yang mempengaruhi bentuk muka bumi :
 

Tektonisme


Tektonisme adalah salah satu contoh tenaga endogen. Tektonisme adalah proses pembentukan muka bumi yang bekaitan dengan pergerakan dari dalam bumi dan proses radioaktif dalam magma. Tektonisme ini umumnya merupakan kekuatan yang bekerja di dalam lapisan bumi yang dapat menimbulkan patahan, lipatan, maupun pergeseran secara vertikan dan horizontal.
 
Peristiwa tektonisme terjadi karena adanya aliran energi panas yang berasal dari inti bumi di lapisan mantel. Aliran konveksi ini menyebabkan terjadinya pergerakan atau pergeseran lapisan kulit bumi (saling mendekat atau menjauh). Akibatnya, bentuk lapisan kulit bumi dapat berubah menjadi lipatan, patahan, atau gunung api.
 
Tektonisme dibedakan menjadi dua macam gerak, yaitu :
  1. Gerak epirogenetik adalah gerak yang berlangsung secara perlahan dan dalam jangka waktu yang lama.
  2. Gerak orogenetik adalah gerak yang berlangsung cepat. Gerak ini dapat membentuk deretan pegunungan lipatan maupun patahan.

Vulkanisme


Vulkanisme adalah bentuk tenaga endogen dimana proses pembentukan muka bumi yang berkaitan dengan aktivitas gunung api atau aktivitas vulkanik, misalnya gejala naiknya magma ke permukaan bumi melalui kepundan. Magma yang berhasil keluar ke permukaan bumi melalui kepundan disebut lava dan prosesnya disebut erupsi. Namun demikian, magma tidak selalu mampu keluar mencapai permukaan bumi. Hal ini disebabkan karena magma terhambat batuan yang solid sehingga tidak mampu menembus lapisan bumi.
 
Proses vulkanisme dipengaruhi oleh kekuatan atau energi di dalam dapur magma untuk mendesak lapisan bumi. Jika berkekuatan besar, energi di dalam dapur magma tersebut mampu menerobos lapisan bumi dan bahkan mampu mengubah bentuk muka bumi, misalnya membentuk rangkaian gunung api aktif.
 

Seisme (gempa bumi)


Seisme atau gempa bumi adalah getaran yang dirasakan dipermukaan bumi akibat adanya gejolak atau aksi di dalam bumi. Pusat gempa di dalam bumi disebut hiposentrum sedangkan pusat gempa di permukaan bumi yang berada tepat tegak lurus di atas hiposentrum disebut episentrum.
 
Gempa bumi adalah contoh tenaga endogen yang dapat mempengaruhi lapisan kulit bumi sehingga dapat menyebabkan perubahan bentuk. Sebagai contoh, perbukitan yang berubah bentuk menjadi dataran akibat gempa bumi berkekuatan besar.
 
Menurut faktor penyebabnya, gempa bumi dapat dibedakan menjadi tiga macam, yaitu :
  1. Gempa bumi runtuhan (gempa terban), merupakan gempa yang terjadi akibat runtuhnnya dinding/atap gua atau dinding terowongan.
  2. Gempa bumi vulkanik, merupakan gempa bumi yang terjadi akibat kegiatan gunung api (vulkanisme). Gempa bumi ini berlangsung sebelum, selama, dan sesudah terjadinya letusan gunung api.
  3. Gempa bumi tektonik, yaitu gempa bumi yang terjadi akibat kegiatan tektonik, seperti patahan, retakan, pergeseran, dan longsor yang meliputi daerah yang luas.
Demikianlah penjelasan mengenai pengertian tenaga endogen, bentuk-bentuk tenaga endogen atau macam-macam tenaga endogen serta contoh tenaga endogen. Semoga bermanfaat.

pengertian dan contoh tenaga endogen

0 Response to "Pengertian Tenaga Endogen dan Contoh Tenaga Endogen"

Post a Comment