Pengertian Kewirausahaan Menurut Ahli


Kewirausahaan dalam bahasa Inggris adalah entrepeneurship, dalam bahasa Jerman adalah unternehmer, dan dalam bahasa Belanda adalah ondernemen. Kewirausahaan adalah sebuah ilmu yang menggabungkan ilmu pengetahuan, kepribadian/sikap, filosofi, keterampilan, seni, profesi, naluri, impian, dan pilihan hidup, yang digabungkan dalam satu kemampuan untuk dioptimalkan dan diberdayakan dalam mencapai keuntungan yang lebih besar.

Sebelum mengetahui pengertian kewirausahaan para ahli, maka kita harus tahu makna kewirausahaan. Berikut ini adalah beberapa makna kewirausahaan :
 

Kewirausahaan merupakan sebuah ilmu pengetahuan (knowledge)

Kewirausahaan adalah sebuah ilmu pengetahuan yang merupakan hasil uji coba di lapangan, dikumpulkan, diteliti, dan dirangkai sebagai sumber informasi yang berguna bagi orang lain yang membutuhkannya. Dengan demikian, kewirausahaan dapat dimasukkan ke dalam sebuah disiplin ilmu, baik itu ilmu yang bersifat teori maupun empiris (hasil uji lapangan)
 

Kewirausahaan merupakan kepribadian atau sikap

Unsur yang terkandung dalam karakteristik kewirausahaan adalah sikap positif, kepribadian yang ulet, pantang menyerah, menjadi contoh bagi yang lain, dan tidak mudah puas diri. Jadi, kewirausahaan merupakan kepribadian atau sikap seseorang atau sebuah pilihan kepribadian.

Kewirausahaan adalah sebuah filosofi

Pondasai kesuksesan untuk menjadi wirausaha yang cerdas  adalah filosofi hidup dan bekerja. Oleh karena itu, kewirausahaan dapat digolongkan dalam sebuah filosofi hidup atau landasan hidup dalam meniti karir guna mencapai kesuksesan.

Kewirausahaan merupakan keterampilan (skill)

Kewirausahaan merupakan penggabungan dua konsep penting, yaitu pengetahuan dan pengalaman yang dirasakan dan dilakukan melalui proses jatuh bangun untuk menjadi terampil dan akhirnya menjadi sebuah keahlian dalam menjalankan roda bisnis. Keduanya tidak dapat terpisahkan antara pengetahuan dan latihan yang terus menerus diperbaiki hingga mencapai kesempurnaan hingga menjadi ahli dan terampil. Untuk itu, kewirausahaan juga merupakan suatu keterampilan.
 

Kewirausahaan sebagai sebuah seni (art)

Kewirausahaan juga merupakan sebuah seni atau art karena dalam menemukan ide, inspirasi, dan peluang bisnis dibutuhkan imajinasi, visualisasi, dan pemikiran yang terkadang harus berlawanan dengan logika. Berpikir berbeda untuk menemukan ide-ide brilian (cemerlang). Semua itu membutuhkan kreativitas, inovasi yang benar-benar baru sehingga unsur dan kekuatan seni sangat diperlukan untuk menemukan ide dalam cara mengatasi kesulitan, mengembalikan sumber daya manusia juga pelanggan.
 

Kewirausahaan adalah sebuah profesi

Pilihan, baik itu menjadi pekerja (employee) atau berwirausaha haruslah bersikap profesional. Untuk itu, menjadi wirausaha juga merupakan profesi sebagai pilihan hidup yang harus dilakukan secara profesional dalam arti jujur, terbuka, kommitmen, konsisten, tepat janji, tanggung jawab, tahu batas hak-haknya, mengerti etika pprofesi, dan disiplin.
 

Kewirausahaan adalah naluri

Kewirausahaan membutuhkan naluri untuk menemukan sebuah peluang dan ide bisnis yang akhirnya menjadi sebuah bisnis yang sukses. Oleh karena itu, bisa dikatakan bahwa wirausaha yang sukses pasti memiliki naluri yang kuat tentang kewirausahaan.
 

Kewirausahaan adalah mimpi atau cita-cita seseorang

Kewirausahaan juga merupakan cita-cita yang terpendam sejak kita masih kecil, remaja atau dewasa. Contohnya adalah Bill Gates yang bermimpi ingin mendapatkan 1 juta dolar pada usia 25 tahun. Dan mimpi itu benar-benar terwujud setelah ia memilih menjadi wirausaha sebagai pilihan hidup.
 

Kewirausahaan adalah pilihan hidup seseorang

Kewirausahaan adalah salah satu jalan hidup untuk sukses, walaupun harus melalui jalan yang terjal, jatuh bangun, dan keringat bercucuran tetapi pada akhirnya bisa meraih kesuksesan.

Berikut ini adalah pengertian kewirausahaan menurut beberapa ahli ekonomi :
 
Pengertian kewirausahaan menurut Robert D. Hisrich, kewirausahaan adalah proses kreatif untuk menciptakan sesuatu yang bernilai tinggi dengan mengoptimalkan segala  daya upaya, seperti mencurahkan waktu, dana, psikologis, dan penerimaan penghargaan atas kepuasan seseorang.
 
Menurut Peter F. Drucer, kewirausahaan adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda.
 
Menurut Stephen Robins, kewirausahaan adalah proses mengejar berbagai peluang untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui motivasi.
 
Pengertian kewirausahaan menurut Salim Siagian, kewirausahaan adalah semangat, perilaku, dan kemampuan memberikan respon positif kepada peluang untuk mendapatkan keuntungan bagi diri sendiri dan pelayan yang lebih baik kepada pelanggan/masyarakat, serta menciptakan dan menyediakan produk yang lebih bermanfaat dengan  menerapkan cara kerja yang lebih efisien dan efektif, melalui keberanian mengambil resiko, kreativitas, inovasi,  dan kemampuan manajemen.
 
pengertian kewirausahaan menurut ahli
Berdasarkan beberapa definisi kewirausahaan di atas, maka dapat kita tarik kesimpulan bahwa kewirausahaan adalah kemampuan seorang manajer resiko (risk manager) dalam mengoptimalkan segala sumber daya yang ada, baik materil, intelektual, waktu, dan kemampuan kreativitasnya untuk menghasilkan suatu produk atau usaha yang berguna bagi dirinya dan orang lain.
 
Demikianlah penjelasan mengenai pengertian kewirausahaan. Semoga bermanfaat. 

0 Response to "Pengertian Kewirausahaan Menurut Ahli"

Post a Comment