Pengertian dan Manfaat Analisis Laporan Keuangan


Apa itu analisis laporan keuangan dan apa manfaat analisis laporan keuangan ?
Berikut ini adalah penjelasannya.
 

Setelah laporan keuangan disusun berdasarkan data yang relevan, serta dilakukan dengan prosedur akuntansi dan penilaian yang benar, maka akan terlihat kondisi keuangan perusahaan yang sesungguhnya. Kondisi keuangan yang dimaksud adalah diketahuinya berapa jumlah harta (kekayaan), kewajiban (utang), serta modal (ekuitas) dalam neraca yang dimiliki.

Kemudian akan diketahui juga jumlah pendapatan yang diterima dan jumlah biaya yang dikeluarkan selama periode tertentu. Dengan demikian, dapat diketahui bagaimana hasil usaha (laba atau rugi) yang diperoleh selama periode tertentu dari laporan laba rugi yang disajikan.
 
Agar laporan keuangan menjadi lebih berarti, sehingga dapat dipahami dan dimengerti oleh berbagai pihak, maka perlu dilakukan analisis terhadap laporan keuangan tersebut. Bagi pihak pemilik dan manajemen, tujuan utama dari analisis laporan keuangan adalah agar dapat mengetahui posisis keuangan perusahaan pada saat ini. Dengan mengetahui posisi keuangan, serta dilakukan analisis laporan keuangan secara mendalam, maka akan terlihat apakah perusahaan dapat mencapai target yang telah direncanakan sebelumnya atau tidak.
 
Hasil analisis laporan keuangan juga akan memiliki informasi tentang kelemahan dan kekuatan yang dimiliki perusahaan. Dengan mengetahui kelemahan ini, maka manajemen akan dapat memperbaiki dan menutupi kelemahan tersebut. Kemudian kekuatan yang dimiliki perusahaan harus dipertahankan atau bahkan ditingkatkan. Kekuatan ini dapat dijadikan modal selanjutnya ke depan. Yang jelas dengan adanya kelemahan dan kekuatan yang dimiliki, maka tergambar kinerja  manajemen selama ini.
 
Pada akhirnya bagi pihak pemilik dan manajemen dengan mengetahui posisi keuangan dapat merencanakan dan mengambil keputusan yang tepat tentang apa yang harus dilakukan ke depannya. Perencanaan ke depan dengan menutupi kelemahan yang ada, mempertahankan posisi yang sudah sesuai dengan yang diinginkan, dan berupaya untuk meningkatkan lagi kekuatan yang sudah diperolehnya selama ini.
 
Dalam melakukan analisis laporan keuangan perlu dilakukan dengan cermat dengan menggunakan metode dan teknik analisis yang tepat, sehingga hasil yang diharapkan benar-benar tepat pula. Kesalahan dalam memasukkan angka atau rumus yang akan digunakan akan berakibat hasil yang hendak dicapai tidak akurat. Kemudian hasil perhitungan, dianalisis dan diinterpretasikan, sehingga diketahui posisi keuangan yang sesungguhnya. Kesemuanya ini harus dilakukan secara teliti, mendalam dan jujur.
 
Kegiatan dalam analisis laporan keuangan dapat dilakukan dengan cara menentukan dan mengukur antara pos-pos yang ada di dalam laporan keuangan. Kemudian analisis laporan keuangan juga dapat dilakukan dengan menganalisis laporan keuangan yang dimiliki dalam satu periode. Di samping itu, analisis laporan keuangan dapat dilakuka pula antara beberapa periode,  misalnya tiga tahun.
 
Analisis laporan keuangan yang dilakukan untuk beberapa periode adalah dengan menganalisis antara pos-pos yang ada dalam suatu laporan. Atau dapat pula dilakukan antara satu laporan dengan laporan yang lainnya. hal ini dilakukan agar akan lebih tepat untuk menilai kemajuan atau kinerja manajemen dari periode ke periode selanjutnya.

pengertian analisis laporan keuangan

 
Ada beberapa tujuan dan manfaat bagi beberapa pihak dengan adanya analisis laporan keuangan. Secara umum, dapat dikatakan bahwa tujuan dan manfaat dari analisis laporan keuangan adalah :
  1. Untuk mengetahui posisi keuangan perusahaan dalam suatu periode tertentu, baik harta, kewajiban, modal, maupun hasil usaha yang telah dicapai untuk beberapa periode.
  2. Untuk mengetahui kelemahan apa saja yang menjadi kekurangan perusahaan.
  3. Untuk mengetahui kekuatan yang dimiliki.
  4. Untuk mengetahui langkah-langkah perbaikan apa saja yang perlu dilakukan ke depan yang berkaitan dengan posisi keuangan perusahaan pada saat ini.
  5. Untuk melakukan penilaian kinerja ke depan apakah perlu penyegaran atau tidak karena sudah dianggap berhasil atau gagal.
  6. Dapat juga digunakan sebagai pembanding dengan perusahaan sejenis tentang hasil yang mereka capai.
Demikianlah penjelasan mengenai pengertian analisis laporan keuangan dan manfaat analisis laporan keuangan. Semoga bermanfaat.
 

Sumber :
Kasmir S.E. M.M., 2010. Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group

0 Response to "Pengertian dan Manfaat Analisis Laporan Keuangan"

Post a Comment