Wednesday, 4 November 2015

Pengertian dan Macam-Macam Laporan Keuangan

loading...


Sebelum mengetahui macam-macam laporan keuangan, maka terlebih dahulu kita harus tahu pengertian laporan keuangan.
 
Secara umum, definisi laporan keuangan adalah sebagai berikut:
“laporan keuangan adalah laporan yang menunjukkan kondisi keuangan perusahaan pada saat ini atau dalam suatu periode tertentu”
Maksud dari laporan keuangan yang menunjukkan kondisi keuangan perusahaan saat ini adalah merupakan kondisi keuangan perusahaan terkini. Kondisi perusahaan terkini adalah keadaan keuangan perusahaan pada tanggal tertentu (untuk neraca) dan periode tertentu (untuk laporan laba rugi).
 
Biasanya, laporan keuangan dibuat per periode, misalnya 3 bulan atau 6 bulan sekali untuk keperluan intern perusahaan. Adapun untuk laoran lebih luas dilakukan setahun sekali. Di samping itu, dengan adanya laporan keuangan, kita akan mengetahui kondisi perusahaan terkini setelah menganalisis laporan keuangan tersebut tentunya.
 
Inti dari laporan keuangan adalah menggambarkan pos-pos keuangan perusahaan yang diperoleh dari suatu periode. Dalam praktiknya kita mengenal berbagai macam laporan keuangan seperti :
•    Neraca
•    Laporan laba rugi
•    Laporan perubahan modal
•    Laporan catatan atas laporan keuangan
•    Laporan arus kas
 
Berikut ini penjelasan mengenai macam-macam laporan keuangan
 
macam-macam laporan keuangan


Neraca merupakan laporan keuangan yang menunjukkan jumlah aktiva (harta), kewajiban (utang), dan modal perusahaan (ekuitas) dari sebuah perusahaan pada periode tertentu. Artinya, dari suatu neraca akan tergambar berapa jumlah harta, kewajiban, dan modal suatu perusahaan. Pembuatan neraca biasanya dibuat secara periode tertentu (tahunan). Akan tetapi, pemilik atau manajemen dapat pula meminta laporan neraca sesuai kebutuhan untuk mengetahui secara persis berapa harta , utang, dan modal yang dimiliki perusahaan pada saat tertentu.
 
Laporan laba rugi adalah laporan keuangan yang menunjukkan kondisi usaha suatu perusahaan dalam suatu periode tertentu. Artinya, laporan laba rugi harus dibuat dalam suatu siklus operasi atau periode tertentu guna mengetahui jumlah perolehan pendapatan (penjualan) dan biaya yang telah dikeluarkan, sehingga dapat diketahui, perusahaan dalam keadaan laba atau rugi.
 
Laporan perubahan modal merupakan laporan keuangan yang menggambarkan jumlah modal yang dimiliki perusahaan pada saat ini. kemudian laporan keuangan ini juga menunjukkan perubahan modal serta sebab-sebab beruahnya modal.
 
Laporan catatan atas laporan keuangan adalah laporan keuangan yang dibuat berkaitan dengan laporan keuangan yang disajikan. Laporan keuangan ini memberikan informasi tentang  penjelasan yang dianggap perlu atas laporan keuangan yang ada sehingga menjadi jelas sebab penyebabnya. Tujuannya agar pengguna laporan keuangan menjadi jelas akan data yang disajikan.
 
Laporan arus kas merupakan laporan keuangan yang menunjukkan arus kas masuk dan arus kas keluar perusahaan. Arus kas masuk berupa pendapatan atau pinjaman dari pihak lain. Adapun arus kas keluar merupakan biaya-biaya yang telah dikeluarkan perusahaan.
 
Jadi, dalam laporan keuangan akan tergambar bagaimana  kondisi keuangan suatu perusahaan, sehingga memudahkan untuk menilai kinerja manajemen perusahaan.
 
Demikianlah penjelasan mengenai pengertian laporan keuangan dan macam-macam laporan keuangan. Semoga bermanfaat.
 

Sumber :
Kasmir S.E. M.M., 2010. Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group
>

loading...
Pengertian dan Macam-Macam Laporan Keuangan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Chumank Rush

0 komentar:

Post a Comment