Thursday, 5 November 2015

Macam-Macam Surat Berharga

loading...


Dalam praktiknya, terdapat berbagai jenis surat berharga yang dapat dibeli perusahaan. Masing-masing jenis-jenis surat berharga memiliki keuntungan atau kelebihan tertentu dibandingkan dengan jenis lainnya. Berikut ini ini adalah beberapa macam surat berharga yang perlu diketahui :
 
Akseptasi bank, merupakan wesel yang dikeluarkan bank dan bank berjanji untuk melakukan pembayaran wesel sesuai jangka pendek kepada pemegang saham akseptasi bank sejumlah nilai nominalnya pada saat maturitas.
 
Deposito berjangka, merupakan simpanan pada bank atas nama dengan jangka waktu pencairannya 1, 3, 6 dan 12 bulan. Deposito berjangka diterbitkan dalam mata uang rupiah maupun mata uang asing dengan tingkat bunga tertentu. Surat berharga ini diterbitkan atas nama dan bunga dapat diambil tiap bulan atau pada saat jatuh tempo. Kemudian pencairan deposito dapat dilakukan sesuai jatuh tempo.
 
Sertifikat deposito, merupakan surat berharga yang diterbitkan oleh bank dengan jangka waktu pencairannya 1,3,6 dan 12 bulan, baik dalam mata uang rupiah maupun mata uang asing dengan tingkat bunga tertentu. Surat berharga ini diterbitkan atas tunjuk sehingga dapat diperjualbelikan (dipindahtangankan) setiap saat dan bunga dapat diambil, di muka tiap bulan atau pada saat jatuh tempo.
 
Sertifikat Bank Indonesia (SBI), merupakan surat berharga yang diterbitkan oleh bank Indonesia dengan tingkat suku bunga tertentu. Serat berharga ini dapat diperjualbelikan.
 
Surat Berharga Pasar Uang, merupakan surat berharga yang diterbitkan oleh bank-bank umum dengan tingkat suku bunga tertentu. Surat berharga pasar uang ini juga dapat diperjualbelikan, apabila perusahaan memerlukan dana.
 
Saham, merupakan surat tanda kepemilikan perusahaan atas  nama saham yang dibelinya. Saham dapat diperjualbelikan (dipindahtangankan) kepada pihak lain. Keuntungan dari saham berupa capital gaint dan divindend. Capital gaint merupakan keuntungan yang diperoleh apabila harga yang dijual kembali lebih tinggi dari harga beli dan besar kecilnya dividen yang diperoleh tergantung dari keuntungan  perusahaan. Apabila perusahaan untung, maka dividen yang diperoleh juga besar demikian pula sebaliknya.
 
Obligasi, merupakan surat pengakuan utang yang dikeluarkan oleh pemerintah maupun swasta. Pembelian obligasi akan memperoleh pendapatan berupa bunga sesuai dengan kesepakatan penerbit obligasi. Hanya saja besarnya bunga yang dibayarkan kepada pemegang saham obligasi relatif tetap setiap bulannya.
 
Demikianlah penjelasan mengenai macam-macam surat berharga. Semoga bermanfaat.


macam-macam surat berharga
sumber :
Kasmir S.E. M.M., 2010. Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group

>

loading...
Macam-Macam Surat Berharga Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Chumank Rush

0 komentar:

Post a Comment