Sunday, 29 November 2015

Macam-Macam Kebutuhan Manusia

loading...


Kebutuhan manusia yang beraneka ragam dapat dikelompokkan menjadi empat macam kebutuhan manusia, yaitu berdasarkan intensitas kegunaan, waktu, subjek, dan sifatnya. Berikut ini adalah pejelasan jenis-jenis kebutuhan manusia.

 

Kebutuhan manusia menurut intensitas kegunaan


Menurut intensitas kegunaannya, ada 3 macam kebutuhan, yaitu :
  1. Kebutuhan primer (pokok), yaitu kebutuhan yang harus segera dipenuhi, misalnya orang lapar perlu makan, orang haus perlu minum, dan orang sakit perlu obat. Kebutuhan sandang, pangan dan papan tergolong sebagai kebutuhan primer.
  2. Kebutuhan sekunder yaitu suatu kebutuhan yang bisa dipenuhi jika kebutuhan primer telah dipenuhi. Yang tergolong kebutuhan sekunder adalah perabotan rumah tangga, radio, televisi, sepeda, handphone, laptop dan lain-lain. Namun, bagi seorang intenet marketer, laptop mungkin menjadi kebutuhan primer sedangkan bagi seorang tukang ojek motor adalah sebuah kebutuhan. Dengan kata lain, sekarang konsep kebutuhan primer maupun sekunder tidak seperti dulu lagi.
  3. Kebutuhan tersier (mewah), yaitu kebutuhan yang bisa dipenuhi jika kebutuhan primer dan kebutuhan sekunder telah dipenuhi. Misalnya mobil mewah, perhiasan, berlian, kapal pesiar, jet pribadi, dan lain-lain sebagainya.

Kebutuhan manusia menurut waktu


Menurut waktunya, ada 3 jenis kebutuhan manusia, yaitu:
  1. Kebutuhan sekarang, yaitu kebutuhan yang harus segera dipenuhi dan tidak dapat ditunda, misalnya orang yang lapar harus makan, orang sakit perlu diobati dan orang haus perlu minum.
  2. Kebutuhan yang akan datang, yaitu kebutuhan yang pemenuhannya harus dilakukan pada saat sekarang tetapi penggunaannya dilakukan pada waktu yang akan datang. Kebutuhan ini dapat ditunda bila dalam keadaan tidak mendesak. Contohnya adalah menabung, asuransi, menyimpan hasil panen untuk masa paceklik, dan sebagainya.

Kebutuhan menurut subjeknya


Menurut subjeknya, ada 3 macam kebutuhan, yaitu :
  1. Kebutuhan pribadi (individual), yaitu kebutuhan yang diperlukan oleh seseorang atau kebutuhan perseorangan. Kebutuhan ini berbeda-beda tiap individu. Selain itu, kebutuhan ini pula dapat dipengaruhi oleh jenis kelamin dan status profesi seseorang. Contoh : kebutuhan seorang laki-laki berbeda dengan kebutuhan seorang perempuan, kebutuhan petani berbeda dengan kebutuhan seorang guru, dan lain-lain.
  2. Kebutuhan umum/kolektif (masyarakat), yaitu kebutuhan yang diperlukan sekelompok orang secara bersama-sama, misalnya rumah sakit, angkutan umum, jembatan, tempat ibadah, pos kamling, dan gedung sekolah.


Kebutuhan menurut sifatnya


Menurut sifatnya, kebutuhan manusia terbagi menjadi  2 jenis, yaitu :
  1. Kebutuhan jasmani, yaitu kebutuhan yang terkait dengan pemenuhan kebutuhan fisik manusia, misalnya kebutuhan makanan, minuman, kesehatan dan pakaian.
  2. Kebutuhan rohani, yaitu kebutuhan yang berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan mental, jiwa, dan wawasan seseorang. Contoh : ibadah, rekreasi dan hiburan, serta ceramah agama.
Demikianlah penjelaan mengenai macam-macam kebutuhan atau jenis-jenis kebutuhan manusia. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua.

macam-macam kebutuhan manusia

>

loading...
Macam-Macam Kebutuhan Manusia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Chumank Rush

0 komentar:

Post a Comment