Macam-Macam Alat Pemuas Kebutuhan Manusia

loading...
<

Alat pemuas kebutuhan manusia adalah segala jenis barang dan jasa yang dibutuhkan oleh manusia. Macam-macam alat pemuas kebutuhan dikelompokkan menurut cara memperolehnya, kegunaannya, hubungannya dengan barang lain, serta proses produksinya.
 
Berikut ini penjelasan mengenai macam-macam alat pemuas kebutuhan manusia :
 

Alat pemuas kebutuhan berdasarkan cara memperolehnya


Berdasarkan cara memperolehnya, alat pemuas kebutuhan manusia terbagi menjadi :
 

1.    Barang bebas (barang non-ekonomi)
 
Barang bebas adalah barang pemuas kebutuhan yang cara memperolehnya tidak memerlukan pengorbanan karena jumahnya banyak. Contoh : udara bersih di pegunungan, es di daerah kutub, pasir di padang pasir, air dari lautan, sinar matahari di daerah tropis dan sebagainya.
 

2.    Barang terbatas (barang ekonomi)
 
Barang terbatas adalah alat pemuas kebutuhan yang cara memperolehnya memerlukan pengorbanan tertentu (waktu, biaya, atau tenaga) karena jumlahnya terbatas. Contoh : kesediaan bapak Fian untuk membayar sejumlah uang untuk mendapatkan sepeda motor.
 

Alat pemuas kebutuhan berdasarkan kegunaannya


Berdasarkan kegunaannya, alat pemuas kebutuhan terbagi menjadi 2 macam, yaitu :
 

1.    Barang konsumsi
 
Barang konsumsi adalah barang yang secara langsung dapat digunakan untuk memuaskan kebutuhan seseorang atau sekelompok orang. Barang konsumsi terbagi atas dua macam, yaitu barang konsumsi tidak 
tahan lama (habis pakai) dan barang konsumsi tahan lama (tetap).

Barang konsumsi tidak tahan lama adalah jenis barang yang habis dipakai sekali pakai saja. Contoh : nasi, bensin, tinta, dan sebagainya.
 
Barang konsumsi tahan lama yaitu brang yang dapat dipakai berulang kali. Contoh : pakaian, sepeda, mobil, pulpen, dan sebagainya.
 

2.    Barang produksi
 
Barang produksi adalah alat pemuas kebutuhan yang tidak dapat secara langsung dimanfaatkan. Barang produksi merupakan alat pemuas kebutuhan yang dimanfaatkan untuk menghasilkan barang lainnya. barang prosuksi terbagi atas dua macam, yaitu barang produksi tidak tahan lama dan barang produksi tahan lama.
 
Barang produksi tidak tahan lama (habis pakai), yaitu barang prosuksi yang dipakai hanya dalam satu kali proses produksi. Contoh : getah karet untuk membuat karet, beras untuk membuat nasi, atau buah melinjo untuk membuat emping.
 
Barang produksi tahan lama (tetap), yaitu barang produksi yang dipakai lebih dari satu kali proses produksi. Contoh : mesin penggiling padi, mesin jahit, kompor dan sebagainya.
 

Alat pemuas kebutuhan berdasarkan hubungannya dengan barang lain


Berdasarkan hubungannya dengan barang lain, alat pemuas kebutuhan manusia terbagi menjadi 2 macam, yaitu :
 

1.    Barang substitusi
 
Barang substitusi adalah barang yang dalam penggunaannya dapat saling menggantikan karena memiliki fungsi yang sama. Misalnya beras dapat diganti dengan sagu, singkong, atau jagung; payung dapat diganti dengan jas hujan, pulpen dapat diganti dengan pensil, dan sejenisnya.
 

2.    Barang komplementer
 
Barang komplementer adalah barang pemuas kebutuhan manusia yang dapat bermanfaat atau berguna jika digunakan bersama-sama dengan barang lain. Contoh : bensin dengan kendaraan bermotor, kancing dengan baju, pulpen dengan kertas, dan lain-lain.
 

Alat pemuas kebutuhan berdasarkan proses produksinya


Berdasarkan proses produksinya, alat pemuas kebutuhan terbagi menjadi 2, yaitu :
 

1.    Barang mentah atau bahan baku
 
Barang mentah merupakan bahan baku atau bahan dasar yang digunakan untuk menghasilkan benda pemuas kebutuhan manusia. Bahan mentah atau bahan baku ini sangat membutuhkan proses pengolahan. Contoh : barang tambang (gas, minyak bumi, emas, tembaga, dan sebagainya), hasil perkebunan (kelapa sawit, tebu, teh, dan sejenisnya), hasil pertanian (padi, gandum dan sebagainya), hasil peternakan (wol, daging), atau hasil hutan (kayu gelondongan, tumbuh-tumbuhan, rotan, dan sebagainya).
 

2.    Barang setengah jadi
 
Barang setengah jadi adalah barang hasil pengolahan barang mentah tetapi belum menjadi produksi akhir. Contoh : kain, benang, batanga emas, batangan besi, dan sebagainya.
 

3.    Barang jadi
 
Barang jadi adalah produk akhir atau barang hasil pengolahan yang telah siap dikonsumsi atau  digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Contoh : pakaian, mobil, sweter, topi, furniture, mebel, minyak goreng dan sejenisnya.
 
macam-macam alat pemuas kebutuhan manusia
Demikianlah penjelasan mengenai macam-macam alat pemuas kebutuhan manusia. Semoga tulisan ini bermanfaat.

0 Response to "Macam-Macam Alat Pemuas Kebutuhan Manusia"

Post a Comment