Saturday, 28 November 2015

Dampak Positif dan Negatif Tenaga Eksogen serta Usaha Penanggulangannya

loading...


Sama halnya dengan tenaga endogen, tenaga eksogen yang berasal dari  permukaan bumi seperti pelapukan, erosi, dam sedimentasi memiliki banyak dampak terhadap kehidupan manusia. Tenaga eksogen memiliki dampak positif juga dampak negatif terhadap kehidupan manusia. Berikut ini penjelasan mengenai dampak negatif dan dampak positif tenaga eksogen.
 

Dampak positif tenaga eksogen


Dampak positif tenaga eksogen antara lain:
 
1.    Memunculkan habitat
 
Dengan adanya pelapukan terhadap batuan, terbentuklah tanah sehingga tumbuh-tumbuhan hidup di atas tanah tersebut. Dengan adanya kehidupan tumbuh-tumbuhan di atas tanah , telah menyebabkan adanya kehidupan hewan dan manusia. Manusia, hewan, dan tumbuhan merupakan rantai makanan satu sama lainnya sehingga saling memiliki ketergantungan.
 
2.    Memperluas daratan di bumi
 
Erosi yang terjadi di daerah pegunungan materialnya akan dibawa ke laut dan mengendap ke dasar laut. Peristiwa seperti ini telah berlangsung jutaan tahun lamanya sehingga endapan yang terbentuk semakin lama semakin tebal dan luas yang akhirnya membentuk daratan.
 
Banyak daratan yang terbentuk dari hasil erosi dan pengedapan seperti pantai timur Sumatera, patai utara Jawa, dan lain-lain yang menunjukkan dampak positif tenaga eksogen. Dataran yang terbentuk dari hasil pengendapan ini disebut dataran aluvial dan tanahnya disebut tanah aluvial.
 
3.    Memperdekat barang-barang tambang ke permukaan bumi
 
Dengan adanya erosi dalam waktu yang sangat lama (jutaan tahun) terhadap pegunungan yang mengandung barang-barang tambang dan mineral makin lama makin rendah sehingga barang tambang yang ada di dalamnya makin dekat ke permukaan bumi, dan akhirnya berada di permukaan bumi.
 

Dampak negatif tenaga eksogen

 

Beberapa dampak negatif tenaga eksogen antara lain:
  1. Kesuburan tanah semakin berkurang karena tanah yang subur di permukaan bumi terus menerus mengalami erosi setiap kali hujan turun.
  2. Hasil-hasil erosi yang diendapkan (sedimentasi) di muara-muara sungai menyebabkan pendangkalan muara sungai, akibatnya sungai mudah mengalami banjir ketika hujan turun. Hal ini terjadi karena arus sungai yang mengalir mengalami hambatan di muara sungai.
  3. Abrasi (pengikisan air laut) di pantai-pantai menyebabkan daratan dekat garis pantai hilang dihantam ombak. Rumah-rumah dipinggir pantai banyak yang hancur oleh abrasi.

 

Usaha penanggulangan dampak negatif tenaga eksogen

Untuk mengurangi dampak negatif tenaga eksogen, maka perlu dilakukan beberapa upaya, antara lain:
  1. Merehabilitasi hutan yang telah rusak dan melakukan reboisasi pada lahan yang telah gundul karena hutannya telah habis ditebang.
  2. Pada lereng-lereng lahan yang miring (tidak rata), bisa dijadikaln lahan pertanian dengan dibuat teras-teras. Tujuannya adalah untuk memperkecil erosi di lahan tersebut.
  3. Melakukan pengerukan di muara-muara sungai yang mengalami pendangkalan akibat sedimentasi. Tujuannya adalah untuk memperlancar arus sungai sehingga dengan demikian bahaya banjir dapat dikurangi.
  4. Pantai yang banyak mengalami abrasi supaya ditanami pohon bakau yang bertujuan untuk menahan abrasi pantai. Bila pada pantai itu terdapat pemukiman yang berhadapan langsung dengan laut, supaya dibangun benteng penahan ombak di pinggir pantai.
Demikianlah penjelasan mengenai dampak positif tenaga eksogen, dampak negatif tenaga eksogen serta upaya penanggulangan dampak negatif tenaga eksogen. Semoga tulisan ini bermanfaat.

akibat tenaga eksogen

>

loading...
Dampak Positif dan Negatif Tenaga Eksogen serta Usaha Penanggulangannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Chumank Rush

0 komentar:

Post a Comment