Bentuk Muka Bumi di Dasar Laut

loading...
<

Bentuk muka bumi dasar laut serupa dengan bentuk muka bumi daratan, yakni tidak rata.  Bentuk-bentuk muka bumi di dasar laut antara lain :

Paparan benua, yaitu dasar pantai yang melandai ke aral laut dengan kedalaman antara 16-550 mdpl atau rata-rata di bawah 200 mdpl. Paparan benua disebut pula dangkalan, selasar atau shelf. Contoh Dangkalan Sunda dan Dangkalan Sahul.

Lereng Benua, yaitu daerah yang lebih jauh dari paparan benua dengan kedalaman antara 130-4000 m.
Lubuk laut (basin), yaitu dasar laut yang dalamnya sampai ribuan meter, biasanya berbentuk cekungan atau kubangan yang sangat luas. Contoh : Lubuk Laut Sulawesi dengan kedalaman 6.220 m dan Lubuk Laut Aru dengan kedalaman 3.680 m.
 
Palung laut (trog), yaitu dasar laut yang dalamnya sampai ribuan meter, lembahnya memanjang, dan tepinya sangat curam. Terdapat antara lain di Selat Makassar, Laut Flores dan Laut Banda.
 
Punggung laut, yaitu bentuk muka bumi dasar laut yang berupa pegunungan di dasar laut yang punggungnya muncul di atas permukaan laut sehingga merupakan deretan kepulauan.
 
Gunung laut, yaitu gunung yang dasarnya berada di dasar laut. Ada pula gunung laut yang puncaknya tinggi menjulang melewati permukaan air laut. Misalnya Gunung Krakatau di Selat Sunda dan Gunung Api di Pulau Banda.
 
Ambang laut, yaitu dasar laut yang mencuat kemudian memisahkan perairan yang satu dengan perairan yang lain. Contoh : Laut Sulawesi.
 
Pantai, yaitu bagian daratan yang berbatasan dengan laut. Garis pantai adalah garis batas antara laut dan darat, sedangkan pesisir adalah bagian daratan yang tergenang ketika air laut pasang dan kering ketika air laut surut.
 
Pulau karang (atol), yaitu pulau-pulau yang sebagian atau seluruhnya terdiri atas karang. Menurut Charles Darwin, atol terbentuk pada gunung-gunung api di tengah lautan atau pada pulau-pulau biasa. Mula-mula terbentuk karang pesisir. Namun, turunnya pulau atau naiknya permukaan air laut, binatang-binatang karang menambah tinggi sarangnya. Apabila pulau terus turun, terjadilah atol.
 
bentuk muka bumi di dasar laut
Demikianlah penjelasan mengenai bentuk-bentuk muka bumi di dasar laut. Semoga tulisan ini bermanfaat.

0 Response to "Bentuk Muka Bumi di Dasar Laut"

Post a Comment