Saturday, 28 November 2015

Bentuk Muka Bumi Daratan

loading...


Daratan mempunyai relief yang beraneka ragam. Relief adalah perbedaan vertikal antara bagian yang tinggi dengan bagian yang rendah pada permukaan bumi. Bentuk-bentuk muka bumi di daratan antara lain :
 
Gunung, yaitu bentuk permukaan bumi yang menonjol ke atas. Sebuah gunung terdiri atas puncak (bagian atas), lereng (tengah), dan kaki (bagian bawah). Lereng dengan kemiringan kurang dari 45 derajat dinamakan lereng landai, lereng yang kemiringannya lebih dari 45 derajat dinamakan lereng curam, dan lereng yang kemiringan lerengnya 90 derajat disebut lereng tegak (dinding).

Pegunungan, yaitu bentuk muka bumi daratan yang terdiri atas gugusan gunung dengan ketinggian berbeda-beda, bahkan terkadang meliputi gunung api. Berdasarkan ketinggiannya, pegunungan dibagi menjadi :
  • Pegunungan rendah, yaitu pegunungan dengan ketinggian antara 200-500 mdpl.
  • Pegunungan menengah, yaitu pegunungan dengan ketinggian antara 500-1.500 mdpl, misalnya pegunungan Bateemecica dengan tinggi 2.140 mdpl di Provinsi Nangroe Aceh Darussalam.
  • Pegunungan tinggi, berketinggian lebih dari 1.500 mdpl. Pegunungan tinggi di Indonesia yang cukup terkenal adalah pegunungan Jaya Wijaya dengan puncak tertingginya adalah Cartenz Pyramid dengan ketinggian 4.884 mdpl.
Bukit/perbukitan, yaitu jenis pegunungan yang tingginya antara 200-300 m. Kelompok bukit disebut perbukitan.

Pematang, yaitu suatu bukit/pegunungan yang puncaknya berderet-deret sehingga dapat didaki dari puncak yang satu ke puncak yang lain tanpa perlu sampai ke kaki.
 
Lereng, yaitu bentuk muka bumi di daratan yang berbentuk suatu daerah di permukaan tanah yang letaknya miring. Letak lereng ini bermacam-macam, misalnya lereng gunung, lereng bukit, dan lereng lembah.
 
Cekungan, yaitu bentuk muka bumi yang berlekuk dan umumnya dikelilingi oleh gunung atau pegunungan. Disebut juga lembah, lubuk atau basin, misalnya Cekukngn Ambarawa.
 
Dataran tinggi (Plato), yaitu tanah datar yang letaknya tinggi. Lapisan tanahnya horizontal. Misalnya  Dataran Tinggi Gayo (Aceh), Dataran Tinggi Dieng (Jawa Tengah), Dataran Tinggi Toba (Sumatera Barat) dan Dataran Tinggi Bandung ( Jawa Barat).
 
Tanah Depresi, yaitu tanah yang permukaannya lebih rendah dari permukaan air laut.
 
Dataran rendah, yaitu dataran yang berketinggian 0-200 mdpl. Lapisan tanah dataran rendah ini berbentuk horizontal.
 
bentuk muka bumi daratan
Dataran pantai, yaitu dataran yang letaknya di pinggir pantai. Ketinggiannya dari permukaan air laut tidak begitu tinggi.

Demikianlah penjelasan mengenai bentuk-bentuk muka bumi daratan. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua.
>

loading...
Bentuk Muka Bumi Daratan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Chumank Rush

0 komentar:

Post a Comment