5 Alasan Seseorang Memulai Usaha

loading...
<

Sering kali kita merasa kagum dan heran dengan kesuksesan yang dicapai oleh seorang pengusaha dan umumnya kita tidak tahu bagaimana cara seseorang memulai usaha hingga bisa mencapai kesuksesannya. Kebanyakan pengusaha sukses saat ini mengalami lika-liku panjang yang penuh tantangan bahkan nyaris bangkrut untuk bisa menemukan hasil. Namun, karena keberanian, kesabaran, keuletan, ketekunan dan kepandaiannya dari waktu ke waktu ia akhirnya bisa mewujudkan segala keinginannya.
 
Tahukah kita apa alasan seseorang memulai usaha ?
 
Berdasarkan penelitian di lapangan ada beragam alasan mengapa seseorang memulai usaha. Berikut ini adalah lima alasan mengapa seseorang memulai berbisnis dan menjadi pengusaha :
 

1.    Faktor keluarga pengusaha
 
Pengusaha yang memulai usaha karena faktor keluarga cukup banyak ditemui karena mereka sudah memiliki usaha sebelumnya. Dorongan dari keluarga cukup ampuh untuk mendorong seseorang untuk terjun di dunia wirausaha. Bahkan bukan hal aneh lagi jika sebuah keluarga sengaja mendidik anak-anaknya untuk dipersiapkan menjadi seorang pengusaha sejak masih muda. Usaha yang dimulai dengan sistem seperti ini biasanya mudah mencapai kesuksesan karena sumber modal, suplai bahan, sampai manajemen telah dipelajari sang pengusaha pemula dari keluarganya dan ia hanya mengikutinya saja sambil sesekali melakukan inovasi.
 

2.    Sengaja terjun menjadi pengusaha
 
Ada banyak orang yang memulai usaha karena memang unsur kesengajaan. Biasanya mereka telah belajar dari kesuksesan orang lain. Mereka mengikutii contoh dari pengusaha yang ada dengan mencari modal atau bermitra dengan orang lain. Tipe pengusaha seperti ini biasanya adalah seseorang yang berstatus pegawai tetapi memiliki naluri bisnis yang kuat. Pedoman kesuksesan pengusaha seperti ini adalah kegagalan dan kesuksesan orang lain.

 
3.    Jadi pengusaha karena pekerjaan sampingan (iseng)
 
Ada juga orang yang menjadi pengusaha karena keisengan. Biasanya dilakukan oleh orang yang sibuk mencari tambahan kegiatan saja. Usaha seperti ini biasanya dilakukan oleh mereka yang mencoba menjual atau memproduksi sesuatu dalam skala kecil untuk mengisi waktu luang. Akan tetapi, pada akhirnya usahanya meningkat. Dengan meningkatnya pesanan, maka kapasitas produksi pun diperbesar sehingga usaha yang tadinya sekedar iseng dan mengisi waktu luang memberikan hasil yang luar biasa.

alasan seseorang memulai usaha

4.    Memulai usaha karena coba-coba
 
Banyak usaha  yang dilakukan dengan metode coba-coba yang menuai kesuksesan. Usaha ini biasanya dimulai oleh mereka yang belum memiliki pengalaman, mereka yang kesulitan mencari pekerjaan, atau mereka yang baru saja terkena PHK. Namun, tidak sedikit usaha yang dimulai dengan coba-coba ini mengalami kesuksesan.


5.    Memulai usaha karena terpaksa

Jarang sekali ditemukan orang yang memulai usaha karena terpaksa. Namun, pada kenyataannya ada beberapa pengusaha yang berhasil meskipun memulai usahanya dengan keterpaksaan. Biasanya orang yang memulai usaha karena keterpaksaan ini adalah orang yang baru saja kehilangan pekerjaan atau menganggur.
 
Demikianlah 5 alasan seseorang memulai usaha. Jadi, bagaimana dengan anda ? tertarik untuk memulai bisnis dan jadi pengusaha ?

0 Response to "5 Alasan Seseorang Memulai Usaha"

Post a Comment