Wednesday, 11 November 2015

4 Cara Memulai Usaha Untuk Kamu Calon Pengusaha Muda

loading...


Banyak cara yang dapat dilakukan oleh seseorang untuk memulai usaha, baik secara kelompok maupun perorangan. Untuk seorang fresh graduate yang belum menemukan pekerjaan yang cocok dan berniat untuk menciptakan lapangan kerja, maka memulai usaha atau bisnis adalah hal yang cukup menjanjikan.
Cara memulai usaha yang lazim dilakukan oleh banyak orang adalah sebagai berikut :

1.    Mendirikan usaha baru
Artinya, seseorang memulai usaha dengan mendirikan perusahaan yang baru. Dalam hal ini, yang harus dilakukan adalah mengurus segala sesuatu yang berhubungan dengan  badan usaha, mulai dari akte notaris sampai ke pengadilan negeri, kemudian mengurus izin-izin yang dibutuhkan. Di samping itu, tugas lain adalah mencari lokasi yang tepat dan menyediakan peralatan atau mesin yang sesuai dengan usahanya.


cara memulai usaha
2.    Membeli perusahaan
Usaha ini dilakukan dengan cara membeli perusahaan yang sudah ada dan sudah berjalan sebelumnya. Pembelian usaha dapat dilakukan terhadap perusahaan yang sedang berjalan atau perusahaan yang tidak aktif tetapi masih memiliki badan usaha. Pembelian meliputi saham berikut aset perusahaan yang dimiliki.

3.    Kerja sama manajemen dengan sistem waralaba (Franchising)
Model ini dikembangkan dengan memakai nama dan manajemen perusahaan lain. Perusahaan pemilk nama disebut sebagai perusahaan induk (franchisor) dan perusahaan yang menggunakan disebut franchise. Dukungan manajemen yang diberikan franchisor berupa :
•    Pemilihan lokasi usaha
•    Bentuk bangunan
•    Lay out gedung dan ruangan
•    Peralatan yang diperlukan
•    Pemilihan karyawan
•    Penentuan penyediaan bahan baku atau produk
•    Iklan bersama
Cara seperti ini sudah dilakukan oleh McDonald, Indomart, Rumah Makan Sederhana, dan lain-lain.

4.    Mengembangkan usaha yang sudah ada
Artinya, pengusaha melakukan pengembangan atas usaha yang sudah ada sebelumnya, baik pengembangan berupa cabang ataupun penambahan kapasitas yang lebih besar. Biasanya kegiatan seperti ini dilakukan oleh perusahaan keluarga.
Demikianlah cara memulai usaha yang bisa dilakukan. Menjadi pengusaha akan membuka lapangan kerja untuk banyak orang sehingga bisa berkontribusi pada pengurangan jumlah pengangguran, apalagi mengingat pengangguran di Indonesia yang jumlahnya sudah terlalu banyak.
>

loading...
4 Cara Memulai Usaha Untuk Kamu Calon Pengusaha Muda Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Chumank Rush

0 komentar:

Post a Comment