Tugas Manajemen Pemasaran

loading...
<

Tugas manajemen pemasasan dalam memasarkan produk perusahaan agar mencapai tingkat keuntungan jangka panjang perusahaan untuk menjamin kelangsungan hidup dan pengembangan/pertumbuhan perusahaan, adalah menciptakan permintaan akan barang produk perusahaan itu dan memenuhi permintaan tersebut.
 
Jadi, tugas manajemen pemasaran tidak hanya terbatas pada mengusahakan dan mengembangkan permintaan produk perusahaan, tetapi juga  mencakup pengaturan jumlah, waktu, dan sifat permintaan tersebut sesuai dengan tujuan perusahaan.
 
Pada umunya, jumlah atau besarnya permintaan akan suatu produk (barang atau jasa) dapat lebih besar atau kurang maupun sama dengan jumlah atau besarnya permintaan yang diharapkan atau direncanakan oleh suatu perusahaan.
 
Dalam hal ini terdapat berbagai keadaan permintaan yang menuntut perbedaan tugas pemasaran untuk menanganinya. Terdapat delapan keadaan permintaan yang menimbulkan delapan tugas manajemen pemasaran yang berbeda. Kedelapan keadaan permintaan tersebut adalah :
  1. Permintaan negatif, yaitu permintaan yang bersifat negatif terhadap suatu produk barang/jasa tertentu.
  2. Tidak ada permintaan ( no demand ) yang merupakan keadaan dimana selruh atau sebagian segment yang penting dari pasar potensial tidak berminat atau kurang pehatian terhadap penawaran produk barang/jasa tertentu.
  3. Permintaan tersembunyi (latent demand), terdapat dimana banyak orang yang merasakan sangat membutuhkan produk barang/jasa yang sampai saat  ini belum dihasilkan.
  4. Permintaan menurun (flatering demand), merupakan keadaan di mana permintaan akan produk barang/jasa tertentu cenderung menurun bila tidak diikuti dengan usaha perbaikan/penyempurnaan.
  5. Permintaan yang tidak teratur (irregular demand), merupakan keadaan dimana terdapat pola waktu permintaan yang ditandai oleh fluktuasi musiman atau iklim.
  6. Permintaan penuh (full demand), merupakan suatu keadaan di mana jumlah dan waktu permintaan adalah sesuai atau sama dengan jumlah dan waktu yang direncanakan perusahaan.
  7. Permintaan berlebihan (overfull demand), merupakan keadaan di mana permintaan yang ada untuk suatu produk barang / jasa tertentu melebihi/melampaui tingkat kemapuan atau kesediaan perusahaan untuk memenuhinya.
  8. Permintaan tak sehat (unwholsome demand), adalah keadaan dimana suatu permintaan dirasakan merupakan pelanggaran atau di luar batas perundang-undangan serta tidak diharapkan atau diinginkan untuk ditawarkan atau mengandung unsur yang kurang dikehendaki.
Dalam menghadapi permintaan di atas, maka tugas manajemen pemasaran adalah untuk mengatasinya agar pemasaran perusahaan berhasil. Oleh karena itu, ada 8 tugas manajemen pemasaran yang berbeda untuk menghadapi keadaan permintaan tersebut, yaitu :
  1. Membalik permintaan dengan kegiatan pemasaran yang merombak atau membalik permintaan negatif.
  2. Menciptakan permintaan untuk mengatasi permintaan yang tidak ada.
  3. Mengembangkan permintaan untuk mengatasi permintaan yang tersembunyi.
  4. Menghidupkan kembali permintaan untuk mengatasi permintaan yang cenderung menurun, seperti penggunaan angkutan kapal laut untuk berpergian, serta makanan dan minuman yang terlalu manis dan mengandung lemak.
  5. Menyelaraskan permintaan dalam menghadapi permintaan yang tidak teratur.
  6. Memelihara permintaan untuk mengatasi permintaan yang penuh.
  7. Mengurangi permintaan dalam menghadapi tantangan permintaan yang berlebih-lebihan sehingga tidak dapat terpenuhi dengan kemampuan penawaran yang ada.
  8. Menghancurkan atau menghilangkan permintaan dalam menghadapi tantangan permintaan yang tidak diinginkan atau diharapkan.
Demikianlah tugas-tugas manajemen pemasaran yang dikaitkan dengan keadaan permintaan yang dihadapi. Pada dasarnya semua tugas di atas dilandasi pada usaha untuk mencari kesempatan pemasaran atas produk yang ditawarkannya dan menggunakan kesempatan pemasaran tersebut dalam rangka pencapaian tujuan perusahaan jangka panjang melalui kepuasan langganan atau konsumen.
 
tugas manajemen pemasaran
Dengan kata lain, tugas manajemen pemasaran untuk selalu membina langganan dan mencari konsumen baru bagi pembinaan menjadi langganan baru. Semua hal ini hanya bisa dilakukan jika kegiatan pemasaran dilakukan secara terpadu sehingga dapat dicapai kepuasan konsumen.
baca juga :

0 Response to "Tugas Manajemen Pemasaran"

Post a Comment