Tugas dan Fungsi Manajer Keuangan Dalam Perusahaan


Ada banyak tugas yang dibebani pada departemen keuangan perusahaan untuk mencapai sasarannya. Tugas ini kemudian dituangkan dalam berbagai rencana kegiatan yang harus direncanakan, diawasi dan dikendalikan, sehingga memuluskan pencapaian tersebut. Semua tugas tersebut menjadi tugas manajer keuangan atau direktur keuangan sebagai pimpinan tertinggi di departemen keuangan.

Kesuksesan dalam menjalankan tugas tersebut merupakan hal yang diharapkan perusahaan dan merupakan tolak ukur prestasi bagi seorang manajer keuangan. Namun, jika dalam pelaksanaan tugasnya manejer keuangan tidak berhasil seperti yang diharapkan karena berbagai sebab, maka hal ini dapat dijadikan dasar sebagai alat untuk melakukan evaluasi, sehingga menjadi pelajaran ke depan.

Bagi manajer keuangan, terkadang hal ini merupakan hukuman bagi kariernya di perusahaan tersebut, akibat kegagalannya mencapai tujuan yang ditargetkan. Oleh karena itu, manajer keuangan harus tahu fungsi manajer keuangan di perusahaannya tersebut terlebih dahulu sebelum menjalankan aktivitasnya sehingga dapat memahami serta menjalankan tugasnya dengan baik.

Fred, menjelaskan bahwa fungsi menejer keuangan adalah merencanakan, mencari dan memanfaatkan dana untuk memaksimalkan nilai perusahaan, atau dengan kata lain aktivitasnya berhubungan dengan keputusan tentang pilihan sumber dana dan alokasi dana. 

Jadi, secara umum tugas manajer keuangan adalah :
 
1.    Meramalkan dan merencanakan keuangan
 
Artinya, seorang manajer keuangan harus mampu berinteraksi dengan eksekutif lain dan bersama-sama merencanakan kegiatan apa saja yang  harus dilakukan untuk ke depan. Sebelumnya tentu saja terlebih dahulu meramalkan kondisi yang akan terjadi di masa yang akan datang dan yang kemungkinan besar berdampak, baik langsung maupun tidak langsung tehadap tujuan perusahaan.
 
2.    Keputusan permodalan, investasi dan pertumbuhan
 
Manajer keuangan dituntut untuk mampu menghimpun dana yang dibutuhkan, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Manajer keuangan harus mampu menentukan pertumbuhan penjualan, alternatif proyek yang akan dibiayai, bentuk investasi yang akan dilakukan, serta alternatif sumber dana penggunaan utang dan ekuitas.
 
tugas bendahara di perusahaan
3.    Melakukan pengendalian
 
Dalam perjalanannya, bisa saja aktivitas perusahaan menyimpang dari hal yang sudah direncanakan baik disengaja maupun tidak. Tanpa adanya tugas manajer keuangan untuk melakukan pengendalian, maka kemungkinan terjadinya kegagalan dalam pencapaian tujuan tersebut sangat besar.
 
4.    Hubungan dengan pasar modal
 
Kebutuhan akan modal dapat dicari dari berbagai alternatif sumber dana dan salah satunya dari pasar modal. Dalam hal ini manajer keuangan harus mampu berhubungan dengan pasar modal sehingga pencarian modal dari sumber ini dapat dipenuhi.
 
Demikianlah penjelasan mengenai tugas manajer keuangan dan fungsi manajer keuangan. Semoga dengan tulisan ini kita dapat mengetahui tugas manager sebuah perusahaan.

0 Response to "Tugas dan Fungsi Manajer Keuangan Dalam Perusahaan"

Post a Comment