Wednesday, 28 October 2015

Tugas Administrasi Di Perusahaan

loading...


Selain tugas manajer keuangan dan tugas bendahara, diperusahaan ada salah satu bagian perusahaan yang juga memiliki fungsi keuangan yang sangat penting, yaitu administrasi dan accounting (controller).

Tugas administrasi di perusahaan juga tidak kalah berat dengan tugas bendahara perusahaan. Administrasi dan accounting berusaha untuk menyelamatkan setiap aktivitas perusahaan agar tidak menyimpang dari tujuan penggunaannya. Fungsi administrasi dan accounting di perusahaan adalah pendataan dan pelaporan keuangan menyangkut hal-hal sebagai berikut :
 
1.    Menyiapkan dan menyampaikan anggaran
 
Administrasi dan accounting berfungsi dalam hal menyampaikan anggaran yang dianggarkan pada periode tertentu. Penyampaiannya anggaran ini perlu guna direalisasikan sesuai dengan penggunaannya.
 
2.    Pemrosesan data akuntansi
 
Tugas administrasi dan accounting di perusahaan untuk  melakukan pemrosesan data akuntan mulai dari buku besar, gaji, piutang dan utang.
 
3.    Penyampaian laporan keuangan
 
Pada akhir periode atau pada saat dibutuhkan, maka administrasi dan accounting menyampaikan laporan perusahaan, baik berbentuk neraca, laporan laba rugi, atau laporan keuanga lainnya.
 
4.    Daftar gaji
 
Administrasi dan accounting juga bertanggung jwab terhadap pajak yang harus dibayarkan perusahaan, termasuk dalam hal perhitungan pajak untuk segala aktivitas yang berhubungan dengan perusahaan.
 
5.    Pajak
 
Dalam hal ini, administrasi dan accounting juga bertanggung jawab terhadap pajak yang harus dibayarkan oleh perusahaan, termasuk dalam hal perhitungan pajak untuk segala aktivitas yang berhubungan dengan perusahaan.
 
6.    Audit internal
 
Sudah merupakan tugas administrasi dan accounting di perusahaan untuk secara berkala melakukan audit internal terhadap aktivitas keuangan perusahaan selama periode tertentu.
 
Fungsi keuangan ini, secara khusus berbeda antara perusahaan yang satu dengan yang lainnya. perbedaan ini biasanya tergantung dari jenis usaha yang dijalankan serta besar kecilnya aktivitas perusahaan tersebut.
Dalam perusahaan besar, di samping fungsi keuangan di atas juga dibentuk komite kuangan (finance committees). Komite ini terdiri dari orang-orang yang memiliki latar belakang dan kemampuan yang berbeda. 

tugas administrasi di perusahaan

Tugas komite keuangan antara lain :
  1. Melakukan pencarian dana, oleh karena itu dibutuhkan keahlian menyangkut keputusan pemilihan bentuk utang jangka pendek dan jangka panjang yang dibutuhkan penggunaan utang atau ekuitas, serta persyaratan ekuitas.
  2. Mengelola anggaran modal dan operasi, misalnya membuat rencana operasi dan investasi yang dibutuhkan.
Dalam menjalankan tugasnya, komite keuangan umumnya dibagi ke dalam subkomite dengan bidang tugas yang diberikan kepadanya. Adapun pembagian tugas tersebut terdiri dari :
  1. Subkomite pencarian modal yang bertanggung jawab terhadap penyusunan anggaran modal dan pengeluaran/biaya dalam satu periode tertentu.
  2. Subkomite anggaran yang berkecimpung dalam pembuatan anggaran operasional untuk tahun yang akan datang.
  3. Subkomite pensiun yang tugasnya mengelola dana pensiun bagi seluruh karyawannya.
  4. Subkomite gaji dan keuntungan bertanggung jawab terhadap perencanaan pengelolaan gaji dan penetapan kompensasi atau bonus bagi pihak manajemen.
Demikianlah penjelasan mengenai tugas administrasi di perusahaan. Semoga bermanfaat. 
>

loading...
Tugas Administrasi Di Perusahaan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Chumank Rush

0 komentar:

Post a Comment