Wednesday, 14 October 2015

Ruang Lingkup Manajemen Pemasaran

loading...


Untuk mengetahui ruang lingkup manajemen pemasaran, maka terlebih dahulu kita harus tahu pengertian manajemen pemasaran. Salah satu pengertian manajemen pemasaran menyatakan bahwa manajemen pemasaran merupakan kegiatan penganalisisan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian program-program yang dibuat untuk membentuk, membangun, dan memelihara keuntungan dari pertukaran melalui sasaran pasar guna mencapai tujuan organisasi (perusahaan) dalam jangka panjang.

Dengan definisi manajemen pemasaran di atas, maka ruang lingkup manajemen pemasaran sangat luas. Serasa singkat, dapat dinyatakan bahwa manajemen pemasaran mencakup seluruh falsafat, konsep, tugas, dan proses manajemen pemasaran. Pada umumnya, ruang lingkup manajemen pemasaran meliputi :
    ruang lingkup manajemen pemasaran
  1. Falsafah manajemen pemasaran, yang mencakup konsep dan proses pemasaran serta tugas-tugas manajemen pemasaran.
  2. Faktor lingkungan pemasaran merupakan faktor yang tidak dapat dikendalikan pimpinan perusahaan.
  3. Analisis pasar, yang mencakup ciri-ciri dan masing-masing jenis pasar, analisis produk, analisis konsumen, analisis persaingan dan analisis kesempatan pasar.
  4. Pemilihan sasaran (target) pasar, yang mencakup dimensi pasar konsumen, perilaku konsumen, segmentasi pasar, dan kriteria yang digunakan, peramalan potensi sasaran pasar, dan penentuan wilayah pasar/penjualan.
  5. Perencanaan pemasaran perusahaan yang mencakup perencanaan strategi jangka panjang perusahaan, perencanaan operasional pemasaran perusahaan, penyusunan anggarana pemasaran, dan proses penyusunan rencana pemasaran perusahaan.
  6. Kebijakan dan srategi pemasaran terpadu, yang mencakup pemilihan strategi orientasi pasar, pengembangan acuan pemasaran untuk strategi pemasaran dan penyusunan kebijakan, strategi dan taktik pemsaran secara terpadu.
  7. Kebijakan dan strategi produk yang mencakup strategi pengembangan produk, strategi produk baru, strategi lini produk, dan strategi acuan produk.
  8. Kebijakan dan strategi harga, yang mencakup strategi tingkat harga, strategi potongan harga, strategi syarat pembayaran, dan strategi penetapan harga.
  9. Kebijakan dans strategi penyaluran, yang mencakup strategi saluran distribusi dan strategi distribusi fisik.
  10. Kebijakan dan strategi promosi, mencakup strategi advertensi, strategi promosi penjualan, strategi personal selling, dan strategi publisitas serta komunikasi pemasaran.
  11. Organisasi pemsaran, yang mencakup tujuan perusahaan dan tujuan bidang pemasaran, struktur organisasi pemasaran, proses dan iklim perilaku organisasi pemasaran.
  12. Sistem informasi pemasaran, yang mencakup ruang lingkup informasi pemasaran, riset pemasaran, pengelolaan, dan penyusunan sistem informasi pemasaran.
  13. Pengendalian pemasaran, yang mencakup analisis dan evaluasi kegiatan pemasaran baik dalam jangka waktu (tahun) maupun tahap operasional jangka pendek.
  14. Manajemen penjual, yang mencakup manajemen tenaga penjual, pengelolaan wilayah penjualan, dan penyusunan rencana dan anggaran penjualan.
  15. Pemasaran internasional yang mencakup pemasaran expor (export marketing), pola-pola pemasaran internasional dan pemasaran dari perusahaan multinasional.

Demikianlah hal-hal yang kita harus ketahui mengenai ruang lingkup manajemen pemasaran. Semoga kita bisa mengetahui dan memahami ruang lingkup manajemen pemasaran dengan baik.
baca juga : pengertian pemasaran
>

loading...
Ruang Lingkup Manajemen Pemasaran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Chumank Rush

0 komentar:

Post a Comment