Pengertian Uang Menurut Para Ahli dan Fungsi Uang

loading...

Pengertian uang menurut ahli

Uang merupakan bagian penting dalam kehidupan manusia. Manusia selalu mengejar uang demi memenuhi kebutuhannya. Namun, manusia mungkin tidak tahu definisi dari uang itu sendiri. Banyak para ahli ekonomi yang merumuskan mengenai definisi uang atau pengertian uang.  Para tokoh-tokoh tersebut beserta pendapatnya antara lain:

R. J. Thomas mengatakan bahwa “money is something that is readily and generally accepted  by public in payment for  goods, services, and other valuable assets and for the payments for debts”.artinya, uang adalah suatu benda yang dengan mudah dan umum diterima oleh masyarakat untuk pembayaran pembelian barang, jasa dan barang berharga lainnya, serta untuk pemayaran utang.

Dennis home Robertson mengatakan bahwa ”money is something accepted in payment for goods”. Artinya, uang adalah sesuatu yang bisa diterima dalam pembayaran  untuk mendapatkan barang.
 
Pengertian uang menurut R. S. Sayers bahwa “money is something that is widely accepted for the settlement of debts”. Artinya, uang adalah segala sesuatu yang umum diterima sebagai pembayar utang.

definisi uang menurut. C. Pigou bahwa “money are those things that  are widely used as a media for exchange”. Artinya, uang adalah segala sesuatu yang umum digunakan sebagai alat penukar.

Pengertian uang menurut  Albert Gailort Hart adalah kekayaan yang dapat digunakan pemiliknya untuk melunasi hutangnya dalam jumlah tertentu pada waktu itu juga.
 
Dari definisi yang dikemukakan para ahli diatas, dapat disimpulkan bahwa uang mempunyai ciri dapat diterima umum, digunakan sebagai alat tukar, dan dapat digunakan sebagai alat pembayaran. Uang adalah segala sesuatu yang umum diterima sebagai alat penukar, alat pengukur nilai, dan pada waktu yang bersamaan bertindak sebagai alat penimbun kekayaan.

 

Fungsi Uang

Fungsi uang merupakan kegunaan dari  suatu mata uang yang  dapat dimanfaatkan oleh orang yang memilikinya. Dengan adanya uang, kegiatan pertukaran barang dan jasa menjadi lancar. Kitapun bisa membeli barang yang kita butuhkan. Pada umumnya, fungsi uang dikelompokan menjadi 2, yaitu fungsi asli dan fungsi turunan.
 
fungsi asli uang meliputi:
 
1)    alat tukar menukar
sebagai alat tukar menukar, uang dapat mempermudah pertukaran barang dan memperlancar perekonomia. Dengan adanya uang, maka kelemahan tukar menukar barang secara barter bisa teratasi. Sehingga, dengan adanya uang maka tukar menukar barang menjadi lancar dan perdagangan meningkat.
 
2)    alat satuan hitung (pengukur nilai)
untuk menyatakan berat suatu barang, maka kita menggunakan satuan gram, menit untuk menhyatakan satuan wakt, meter untuk menyatakan satuan panjang, dan lain-lain. Untuk menyatakan nilai suatu barang atau jasa, maka digunakan satuan uang.
 

fungsi turunan terdiri dari:
 
1) uang berfungsi sebagai alat pembayaran
 
Fungsi uang sebagai alat penukar berbeda dengan fungsi uang sebagai alat pembayaran. Uang berfungsi sebagai alat penukar jika pembayaran uang tersebut diikuti dengan penerimaan barang atau jasa dari pihak yang menerima pembayaran. Misalnya, jika seseorang menggunakan uang untuk membeli barang dan jasa. Oleh karena itu, orang yang membayar dengan uang tersebut akan menerima imbalan berupa diterimanya barang dan jasa.
 
Uang berfungsi sebagai alat pembayaran jika pembayaran uang tersebut tidak disertai dengan penerimaan imbalan. Fungsi uang sebagai alat pembayaran dapat dilihat pada kegiatan membayar denda, membayar pajak, dan membayar parkir kendaraan. Orang yang membayar tersebut tidak mendapat imbalan barang dan jasa dari pihak yang menerima pembayaran uang.
 
3)    uang sebagai alat penimbun kekayaan
 
apabila kita mempunyai uang, berarti kita memiliki kekayaan. Hal ini karena uang dapat digunakan untuk mendapatkan apa saja yang kita inginkan dan menyimpan apa yang kita inginkan untuk bisa digunakan di lain waktu. Misalnya, jika kita memiliki sebuah kebun apel. Pada saat penen, harga jual apel-apel tersebut bisa kita gunakan untuk membeli barang lain. Misalnya saja gadget terbaru. Jika kita belum memiliki keinginan untuk membeli gadget baru, maka kita bisa menyimpan uang hasil penjualan apel itu untuk kemudian hari.
 
Demikianlah penjelasan mengenai pengertian uang menurut ahli dan fungsi uang yang meliputi fungsi asli uang dan fungsi turunan uang. Semoga bermanfaat. 
loading...

0 Response to "Pengertian Uang Menurut Para Ahli dan Fungsi Uang"

Post a Comment