Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli dan Sifat Hakikat Sosiologi


Pada kesempatan ini akan dibahas mengenai pengertian sosiologi dan sifat hakikat sosiologi. Sebelumnya, perlu kita ketahui bahwa suatu definisi hanya dipakai sebagai suatu pegangan sementara saja. Untuk patokan sementara, maka berikut ini adalah beberapa pengertian sosiologi menurut para ahli :

Menurut Pitrim Sorokin, pengertian sosiologi adalah suatu ilmu yang mempelajari :
  1. Hubungan dan pengaruh timbal balik antara aneka macam gejala sosial ( misalnya antara gejala ekonomi dengan gejala agama; keluarga dengan moral; hukum dengan ekonomi; gerak masyarakat dengan politik dan sebagainya ).
  2. Hubungan dan pengaruh timbal balik antara gejala sosial dengan gejala-gejala nonsosial ( misalnya gejala geografis, biologis, dan sebagainya ).
  3. Ciri-ciri umum semua jenis gejala-gejala sosial.
Pengertian sosiologi menurut Roucek dan Warren adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dalam kelompok-kelompok.

William F. Ogburn dan Meyer F. Nimkoff memberikan definisi sosiologi sebagai penelitian secara ilmiah terhadap interaksi sosial dan hasilnya yaitu organisasi sosial.

Definisi sosiologi menurut J.A.A. van Doorn dan C.J. Lamers, sosiologi adalah ilmu pengetahuan tentang struktur-struktur dan proses-proses kemasyarakatan yang bersifat stabil.
Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi menyatakan pengertian sosiologi bahwa sosiologi atau ilmu masyarakat adalah ilmu yang mempelajari struktur sosial dan proses-proses sosial, termasuk perubahan-perubahan sosial. Selanjutnya menurut Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi, struktur sosial adalah keseluruhan jalinan antara unsur-unsur sosial yang pokok , yaitu kaidah-kaidah sosial ( norma-norma sosial ), lembaga-lembaga sosial, kelompok-kelompok serta lapisan sosial. Proses sosial adalah pengaruh timbal balik antara berbagai segi kehidupan bersama, misalnya pengaruh timbal balik antara segi kehidupan ekonomi dan segi kehidupan politik, antara segi kehidupan hukum dan segi kehidupan agama, antar segi kehidupan agama dengan segi kehiduan ekonomi dan sebagainya. Salah satu proses sosial yang bersifat tersendiri adalah dalam terjadinya perubahan-perubahan sosial di dalam struktur sosial.

pengertian sosiologi menurut ahli dan sifat hakikat sosiologi
sumber gambar : softilmu.blogspot.com
Apabila sosiologi ditelaah dari sudut sifat hakikatnya, maka akan dijumpai beberapa petunjuk yang akan dapat membantu untuk menetapkan seperti apakah ilmu sosiologi itu. Sifat-sifat hakikat sosiologi antara lain sebagai berikut :
  1. Sosiologi merupakan suatu ilmu sosial dan bukan merupakan ilmu pengetahuan alam ataupun ilmu pengetahuan kerohanian.
  2. Sosiologi merupakan disiplin yang normatif tetapi merupakan suatu disiplin yang kategoris, artinya sosiologi membatasi diri pada apa saja yang terjadi dewasa ini dan bukan mengenai apa yang terjadi atau seharusnya terjadi.
  3. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang murni ( pure science ) dan bukan merupakan ilmu pengetahuan terapan atau terpakai ( applied science ).
  4. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang abstrak dan bukan merupakan pengetahuan yang konkret.
  5. Sosiologi bertujuan untuk menghasilkan pengertian-pengertian dan pola-pola umum.
  6. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang empiris dan rasional.
  7. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang umum dan bukan merupakan ilmu pengetahuan yang khusus.
Sebagai kesimpulan, sosiologi adalah ilmu sosial yang kategoris, murni, abstrak, berusaha mencari pengertian-pengertian umum, rasional dan empiris serta umum.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian sosiologi dan sifat hakikat sosiologi.

0 Response to "Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli dan Sifat Hakikat Sosiologi"

Post a Comment