Wednesday, 7 October 2015

Pengertian sosialisasi menurut para ahli dan tahap-tahap sosialisasi

loading...

Pengertian Sosialisasi


Sosialisasi adalah proses belajar berinteraksi dalam masyarakat sesuai dengan peran yang dijalankan. Biasanya ssosialisasi ini berangkai dengan kepribadian dan kebudayaan. Sosialisasi membuat seseorang menjadi tahu bagaimana cara bertingkah laku di dalam masyarakat dan lingkungan sosial budaya. Sosialisasi membawa seseorang dari keadaan terisolir menjadi manusia beradab.

Berikut ini adalah pengertian sosialisasi menurut para ahli dalam ilmu sosiologi:
 
Menurut Peter L. Berger, sosialisasi adalah proses dimana seorang anak belajar menjadi seseorang yang berpartisipasi dalam masyarakat. Yang dipelajari dalam sosialisasi adalah peran-peran sehingga teori sosialisasi adalah teori mengenai peran.

Pengertian sosialisasi
menurut Robert M.Z. Lawang adalah proses mempelajari nilai, norma, peran, dan persyaratan lainnya yang diperlukan untuk memungkinkan seseorang dapat bersosialisasi secara efektif dalam kehidupan sosial.

Pengertian sosialisasi menurut Horton dan Hunt adalah suatu proses yang terjadi ketika seorang individu mengahyat nilai-nilai dan norma-norma kelompok di mana ia hidup sehingga terbentuklah kepribadiannya.
 
Berdasarkan pengertian dari para sosiolog di atas, maka dapat disimpulkan bahwa sosialisasi adalah proses belajar individu mengenai nilai dan norma yang berlaku di dalam masyarakat dimana individu tersebut tinggal.   

 
pengertian sosialisasi menurut para ahli

Tahap-tahap Sosialisasi

George Herbert Mead membagi sosialisasi menjadi beberapa tahapan, yaitu masa anak-anak ( tahap persiapan ), masa remaja ( game stage ) dan masa dewasa ( generalized other ).
 
1. Masa anak-anak ( tahap persiapan )
 
Masa anak-anak sering juga disebut sebagai tahap persiapan. Masa anak-anak dibagi menjadi dua tahap, yaitu:
  • Prepatory stage, dimana individu mulai untuk mempersiapkan dirinya untuk belajar sesuatu seperti belajar makan, berbicara, mengenal ,lingkungan keluarga, dan sebagainya.
  • Play stage, yaitu masa dimana anak-anak sudah mulai mengenal lingkungan lebih luas yaitu teman sepermainan. Anak-anak juga sudah mulai mengenal teknik bermain peran atau meniru, seperti bermain perang-perangan, polisi-polisian, dokter-dokteran, dan sebagainya.
2. Masa remaja ( game stage )
 
Masa remaja merupakan  tahap sosialisasi lanjutan di mana seorang individu sudah mulai mengidentifikasikan diri dengan idolanya. Pada masa ini, remaja dianggap masih dalam pencarian jati diri sehingga  sangat rentan terhadap pengaruh dari luar.
 
3. Masa dewasa ( generalized other )
 
Tahap sosialisasi pada masa dewasa juga dikenal dengan nama tahap penerimaan norma. Pada masa ini, seseorang sudah mulai mantap untuk menyesuaikan diri dengan pola sosial budaya masyarakat.
 
Meskipun sosialisai adalah hal yang umum dilakukan dalam masyarakat, tetapi tidak semua individu dapat melaksanakan sosialisasi dengan baik. Dalam masyarakat, terdapat banyak lembaga atau tempat untuk  melaksanakan proses resosialisasi  terhadap a nggota masyarakat yang perilakunya tidak sesuai dengan harapan sebagian besar warga masyarakat atau menyimpang dari nilai dan norma. Lembaga yang dimaksud antara lain Rumah sakit jiwa, penjara, rumah singgah, dan sebagainya.
baca juga :
>

loading...
Pengertian sosialisasi menurut para ahli dan tahap-tahap sosialisasi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Chumank Rush

0 komentar:

Post a Comment