Pengertian Produktivitas


Produktivitas secara umum diartikan sebagai hubungan antara keluaran ( barang-barang atau jasa ) dengan masukan ( tenaga kerja, bahan, uang ). Produktivitas adalah ukuran efisiensi produktif. Suatu perbandingan hasil antara keluaran dan masukan. Masukan sering dibatasi dengan tenaga kerja, sedangkan keluaran diukur dalam kesatuan fisik, bentuk, dan nilai.

Di bidang industri, produktivitas mempunyai arti ukuran yang relatif nilai atau ukuran yang ditampilkan oleh daya produksi, yaitu sebagai campuran dari produksi dan aktivitas; sebagai ukuran seberapa baik kita menggunakan sumber daya manusia dalam mencapai hasil yang diinginkan.
Webster memberikan batasan mengenai pengertian produktivitas yaitu:
a.    Keseluruhan fisik dibagi unit dari usaha produksi
b.    Tingkat keefektifan dari manajer industri di dalam penggunaan aktivitas untuk produksi
c.    Keefektifan dalam penggunaan tenaga kerja dan peralatan
Tohardi (2002) mengemukakan bahwa produktivitas kerja merupakan sikap mental. Sikap mental yang selalu mencari perbaikan terhadap apa yang telah ada. Suatu keyakinan bahwa seseorang dapat melakukan pekerjaan lebih baik dari pada hari kemarin dan hari esok lebih baik dari pada hari ini.
Ravianto (1991) mengatakan bahwa produktivitas pada dasarnya mencakup sikap mental yang selalu mampunyai pandangan bahwa kehidupan hari ini  harus lebih baik dari pada hari kemarin dan hari esok lebih baik dari pada hari ini. sikap yang demikian akan mendorong seseorang untuk tidak cepat merasa puas, akan tetapi harus mengembangkan diri dan meningkatkan kemampuan kerja dengan cara selalu mencari perbaikan-perbaikan dan peningkatan.
Ada sebagian masyarakat yang mencampuradukkan pengertian produktivitas dan produksi, sehingga perbedaan produktivitas dan produksi sulit dipahami secara jelas. Produksi atau hasil produksi dinyatakan sebagai bilangan yang bukan rasio dan berdimensi satu. Prosuksi atau hasil produksi itu sama dengan pembilang di dalam rumus produktivitas kerja.
Aigner mengatakan bahwa filsafat mengenai produktivitas sudah ada sejak awal peradaban manusia, karena makna produktivitas adalah keinginan dan upaya manusia untuk selalu meningkatkan kualitas kehidupan dan penghidupan di segala bidang.
Ada tiga aspek yang perlu  ditinjau dalam menjamin produktivitas yang tinggi, yaitu :
a.    Aspek kemmapuan manajemen tenaga kerja
b.    Aspek efisiensi tenaga kerja
c.    Aspek kondisi lingkungan pekerjaan
Ketiga aspek tersebut saling terkait dan terpadu dalam suatu sistem dan dapat diukur dengan berbagai ukuran yang relatif sederhana. Produktivitas harus menjadi bagian yang tidak boleh dilupakan dalam menyusun strategi bisnis, yang mencakup bidang produksi, pemasaran, keuangan, dan bidang lainnya.
Produktivitas kerja memerlukan perubahan sikap mental yang dilandasi kerja hari ini harus lebih baik dari hari kemarin dan hari esok harus lebih baik dari hari ini. peningkatan produktivitas, dilakukan oleh pribadi yang dinamis dan kreatif.
Uraneck dan Geoller memberikan tiga belas langkah membina pribadi yang dinamis dan kreatif, yaitu :
  • Kemampuan otak untuk menghasilkan gagasan yang tidak terbatass jumlahnya
  • Memperoleh gairah hidup untuk menunjang pribadi yang dinamis
  • Memecahkan masalah hidup, dengan berhasil baik dan penuh dengan daya cipta
  • Memanfaatkan waktu dengan lebih baik, sehingga dapat menambah penghasilan
  • Melontarkan gagasan kepada orang lain sehingga bisa mendatangkan hasil pelaksanaan yang memuaskan
  • Mengembangkan suatu kepribadian yang dinamis sepanjang hari
  • Memperbanyak penghasilan
  • Bisa berhasil dalam bidang pekerjaan yang telah dipilih
  • Membuat gagasan dapat diterima oleh orang lain dengan berbicara efektif
j.    Membimbing orang lain dengan cara yang lebih efektif
k.    Membina hidup berumah tangga dan pribadi yang lebih dinamis
l.    Menikmati hidup dan memanfaatkan sebanyak mungkin unsur-unsur dalam kehidupan
m.    Menjadi manusia yang lebih baik

pengertian produktivitas
Pengertian produktivitas menurut Kussrianto (1990), mengemukakan bahwa produktivitas adalah perbandingan antara hasil yang dicapai dengan peran serta tenaga kerja per satuan waktu. Peran serta tenaga kerja di sini adalah penggunaan sumber daya yang efisiend an efektif.

Dari pengertian-pengertian prduktivitas di atas, dapat disimpulkan bahwa  produktivitas kerja terdiri atas tiga aspek, yaitu:
  1. Produktivitas adalah keluaran fisik per unit dari usaha produktif
  2. Produktivitas merupakan tingkat keefektifan dari manajemen industri di dalam penggunaan fasilitas-fasilitas untuk produksi
  3. Produktivitas adalah keefektifan dari penggunaan tenaga kerja dan peralatan
Intinya, mengarah pada tujuan yang sama, bahwa produktivitas kerja adalah rasio dari hasil kerja dengan waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan produk dari seorang tenaga kerja.

0 Response to "Pengertian Produktivitas"

Post a Comment