Pengertian Perencanaan Sumber Daya Manusia

loading...

Perencanaan sumber daya manusia merupakan fungsi utama yang harus dijalankan dalam organisasi guna menjamin tersedianya ternaga kerja yang tepat untuk menduduki berbagai posisi, jabatan, dan pekerjaan yang tepat pada waktu yang tepat. Kesemuanya itu dalam rangka mencapai tujuan dan berbagai sasaran yang telah dan akan ditetapkan.

Definisi perencanaan sumber daya manusia menurut Werther dan Davis (1989), perencanaan sumber daya manusia adalah suatu perencanaan yang sistematik tentang perkiraan kebutuhan dan pengadaan tentang pegawai. Perencanaan sumber daya manusia merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mengantisipasi permintaan bisnis dan lingkungan pada organisasi di waktu yang akan datang, dan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang ditimbulkan oleh kondisi tersebut.
Reilly (1996:4) mendefinisikan perencanaan sumber daya manusia adalah : “ A process in which an organization attempts to estimate the demand for labour and evaluate the size, nature, and sources on the supply which will be reired to meet the demand”.
Perencanaan sumber daya manusia berkaitan erat dengan pengidentifikasian persoalan-persoalan, ancaman-ancaman, dan peluang-peluang dalam organisas dan lingkungan organisasi.
Menurut Schuler et.al. (1992:55), perencanaan sumber daya manusia memiliki dua hubungan penting dengan lingkungan internal organisasi, yaitu hubungan dengan strategi organisasional dan budaya organisasional. Perencanaan sumber daya manusia penting bagi suatu organisasi, supaya organisasi tidak mengalami hambatan bidang sumber daya manusia dalam mencapai tujuannya dalam rangka menghadapi perkembangan SDM yang selalu berubah-ubah.
Namun demikian, perencanaan sumber daya manusia dalam suatu organisasi tidaklah bersifat statis, karena arus perkembangan ilmu, pengetahuan, teknologi, kebutuhan, lingkungan selalu berubah-ubah, maka perencanaan SDM harus dapat mengakomodasi setiap gerak perubahan tersebut, bila organsisasi yang bersangkutan tidak mau ketinggalan. Oleh karena itu, perencanaan sumber daya manusia harus mengikuti perkembangan dan tuntutan perusahaan yang selalu berubah.
Dengan demikian, dapat dijelaskan bahwa ada 4 kegiatan yang harus dilakukan oleh perencanaan sumber daya manusia, yaitu :
pengertian perencanaan sumber daya manusia
1.    Menginventarisasi persediaan sumber daya manusia
2.    Memprediksi sumber daya manusia
3.    Penyusunan rencana-rencana sumber daya manusia
4.    Memonitor dan evaluasi
Ada dua kepentingan perencanaan sumber daya manusia, yaitu kepentingan indivdu dan kepentingan pribadi.
Kepentingan individu, perencanaan sumber daya manusia sangat penting bagi setiap individu karyawan, karena dapat membantu meningkatkan potensinya, begitu pula kepuasan karyawan dapat dicapai melalui perencanaan karier, sedangkan kepentingan organisasi, perencanaan sumber daya manusia sangat penting bagi organisasi dalam mendapatkan calon karyawan yang dapat memenuhi kualifikasi. Dengan adanya perencanaan sumber daya manusia, dapat dipersiapkan calon-calon karyawan yang berpotensi untuk menduduki posisi manejer untuk masa yang akan datang.

loading...

0 Response to "Pengertian Perencanaan Sumber Daya Manusia"

Post a Comment