Pengertian Pengendalian Sosial Menurut Para Ahli dan Tujuan Pengendalian Sosial

loading...

Banyak ahli yang mengeluarkan pendapat mengenai pengertian pengendalian sosial. Berikut ini adalah beberapa pendapat ahli megenai pengertian pengendalian sosial :
 
Pengertian pengendalian sosial menurut Roucek Warren adalah suatu istilah kolektif yang mengacu pada proses terencana yang cenderung menganjurkan, membujuk, atau memaksa individu untuk menyesuaikan diri dengan  kebiasaan dan nilai hidup suatu kelompok.
 
Menurut Berger, pengendalian sosial adalah berbagai cara yang digunakan oleh masyarakat untuk menertibkan anggota-anggotanya yang membangkan.
 
Paul B. Horton dan Chester L. Hunt memberikan pengertian pengendalian sosial sebagai cara dan proses yang ditempuh oleh sekelompok orang atau masyarakat sehingga para anggotanya dapat bertindak sesuai harapan kelompok atau masyarakat.
 
Berdasarkan pendapat dari para ahli tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengendalian sosial adalah cara baik terencana maupun tidak terencana untuk mengajarkan, membujuk, atau memaksa individu untuk menyesuaikan diri dengan  kebiasaan, nilai, dan norma yang berlaku.
 
Pada dasarnya, pengendalian sosial mempunyai tujuan sebagai berikut:
  • Mencegah terjadinya penyimpangan terhadap nilai dan norma yang berlaku di masyarakat sehingga tertib sosial di masyarakat dapat terpelihara.
  • Memulihkan keadaan akibat terjadinya penyimpangan terhadap nilai dan norma di masyarakat.

Tujuan dari masyarakat melakukan pengendalian sosial adalah sebagai berikut:
  • Eksploitasi, pengendalian sosial dimaksudkan untuk mengendalikan situasi sehingga tidak mengancam kepentingan-kepentingan yang telah tertanam kuat.
  • Regulatif, pengendalian sosial dilakukan agar tercapai keteraturan sosial, sehingga warga masyarakat mudah menyesuaikan dirinya dengan tujuan-tujuan masyarakat, termasuk mudah dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan hidupnya.
  • Konstruktif, pengendalian sosial dimaksudkan untuk megarahkan perubahan dan kebudayaan ke arah yang diharapkan oleh sebagian besar masyarakat.

loading...

0 Response to "Pengertian Pengendalian Sosial Menurut Para Ahli dan Tujuan Pengendalian Sosial"

Post a Comment