Tuesday, 27 October 2015

Pengertian Pengembangan Sumber Daya Manusia

loading...


Berbicara mengenai pengembangan sumber daya manusia, sebenarnya dapat dilihat dari dua aspek, yaitu kuantitas dan kualitas. Pengertian kuantitas menyangkut jumlah sumber daya manusia. Kuantitas sumber daya manusia tanpa disertai dengan kualitas sumber daya manusia yang baik akan menjadi beban suatu perusahaan.

Organisasi harus memperhatikan skills, konowledge dan ability atau kompetensi yang harus dipenuhi. Pengembangan sering kali dilakukan secara tumpang tindih dengan arti pelatihan atau pendidikan. Pengertian pengembangan sumber daya manusia menurut Singodimedjo (2000), pengembangan sumber daya manusia adalah proses persiapan individu-individu untuk memikul tanggung jawab yang berbeda atau lebih tinggi di dalam organisasi, biasanya berkaitan dengan peningkatan kemampuan intelektual untuk melaksanakan pekerjaan yang lebih baik. Pengembangan mengarah pada kesempatan-kesempatan belajar yang didesain guna membantu pengembangan para pekerja.
Dalam konteks pengembangan sumber daya manusia, pengembangan dipandang sebagai peningkatan SDM melalui program-program pelatihan dan pendidikan. Apa yang dapat dijelaksan dari pengembangan sumber daya manusia adalah tentang developmental pratice dan membutuhkan kolaborasi-kolaborasi dengan program-program manajemen sumber daya manusia untuk mencapai hasil yang diinginkan. Pelatihan yang membantu karyawan dalam memahami suatu pengetahuan praktis dan penerapannya, guna meningkatkan keterampilan, kecakapan, dan sikap yang diperlukan organisasi dalam usaha untuk mencapai tujuan.
Pendidikan adalah suatu kegiatan untuk meningkatkan penguasaan teori dan keterampilan memutuskan terhadap persoalan-persoalan yang menyangut kegiatan untuk mencapai tujuan. Upaya ini dilakukan untuk memeprbaiki kontribusi produktif para karyawan dan mengembangkan sumber daya manusia menghadapai segala kemungkinan yang terjadi akibat perubahan lingkungan. Arti dari pengembangan karyawan merupakan usaha-usaha untuk meningkatkan keterampilan maupun pengetahuan umum bagi karyawan agar pelaksanaan pencapaian tujuan lebih efisien.
Pengembangan sumber daya manusia tujuannya untuk meningktakan kualitas profesionalisme dan keterampilan para karyawan dalam melaksanakan fungsinya secara optimal. Dengan mengembanhkan kecakapan karywan dimaksudkan sebagai setiap usaha dari pimpinan untuk menambah keahlian kerja tiap karyawan sehingga di dalam melaksanakan tugas-tugasnya dapat lebih efisien dan produktif.
Oleh karena itu, organisasi-organisasi perlu melakukan pengembangan sumber daya manusia, karena inversati di dalam pengembangan sumber daya manusia merupakan pengeluaran yang ditujukan untuk memperbaiki kapasitas produktif dari manusia.
Dengan SDM yang baik akan memiliki kekuatan kompetitif dan menjadi sulit untuk ditiru sehingga sumber-sumber keberhasilan kompetitif, seperti teknologi proses produksi, proteksi pasar, akses terhadap sumber keuangan seharusnya lebih berdaya guna dan berhasil guna. Dengan memiliki kkeuatan kompetitif diharapkan kinerja karyawan bisa terwujud.
pengertian pengembangan sumber daya manusiaDefinisi pengembangan sumber daya manusia menurut Husnan (1990), mengemukakan bahwa pengembangan sumber daya manusia adalah proses pendidikan jangka panjang yang menggunakan prosedur sistematis dan terorganisasi, sehingga tenaga kerja manejerial mempelajari pengetahuan konseptual dan teoritis untuk tujuan umum.
Pengembangan sumber daya manusia tujuannya untuk meningkatkan kualitas profesionalisme dan keterampilan para karyawan dalam melaksanakan tugas dan fungsinya secara optimal. Dengan mengembangkan kecakapan karyawan dimaksudkan sebagai setiap usaha dari pimpinan untuk menambah keahlian kerja tiap karyawan sehingga di dalam melaksanakan tugas-tugasnya dapat lebih efisien dan produktif.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian pengembangan sumber daya manusia. Semoga dengan tulisan ini kita bisa mengerti mengenai definisi pengembangan sumber daya manusia. Semoga bermanfaat.
>

loading...
Pengertian Pengembangan Sumber Daya Manusia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Chumank Rush

0 komentar:

Post a Comment