Pengertian Pelatihan

loading...
<

Berbagai riset menunjukkan bahwa pelatihan yang efektif secara signifikan berpengaruh terhadap peningkatan proses kerja yang luar biasa pesatnya. Studi yang dilakukan Tall dan Hall, misalnya menghasilkan kesimpulah bahwa dengan mengkombinasikan berbagai macam faktor seperti teknik pelatihan yang benar, persiapan dan perencanaan yang matang, serta komitmen terhadap esensi pelatihan, maka perusahaan dapat mencapai manfaat kompetisi yang sangat besar dalam pasar yang sangat ketat.

Pengertian pelatihan menurut Ivancevich adalah sebagai usaha untuk meningkatkan kinerja karyawan dalam pekerjaannya sekarang atau dalam pekerjaan lain yang akan dijabatnya segera. Pelatihan terkait dengan keterampilan dan kemampuan yang diperlukan untuk pekerjaan yang dilakukan sekarang. Pelatihan berorientasi ke masa sekarang dan membantu karyawan untuk menguasai keterampilan dalam pekerjaannya.
Definisi pelatihan menurut Sikula, pelatihan merupakan proses pendidikan jangka pendek yang menggunakan prosedur sistematis dan terorganisasi, yang mana tenaga kerja nonmanejerial mempelajari pengetahuan dan keterampilan teknis untuk tujuan-tujuan tertentu.
 
As’ad (2001), mengemukakan pelatihan menyangkut usaha-usaha yang berencana yang diselenggarakan agar dicapai penguasaan akan keterampilan, penngetahuan, dan sikap-sikap yang relevan terhadap pekerjaan.
 
Menurut Wexley dan Yulk, ada tiga alasan mengapa pelatiha personel itu perlu diselenggarakan organisasi perusahaan, di antaranya :
  1. Seleksi personel tidak selalu menjamin akan personil tersebut cukup terlatih dan bisa memenuhi persyaratan pekerjaannya secara tepat. Kenyataannya, banyak di antaranya mereka harus mempelajari pengetahuan, keterampilan, dan sikap-sikap yang diperlukan setelah mereka diterima dalam pekerjaan.
  2. Bagi personel yang sudah senior kadang-kadang ada perlu penyegaran dengan latihan-latihan kerja. Hal ini disebabkan berkembangnya kapasitas pekerjaan, cara megoperasikan mesin-mesin dan teknisnya, untuk promosi maupun mutasi.
  3. Manajemen sendiri menyadari bahwa program pelatihan yang efektif dapat meningkatkan produktivitas, mengurangi absen, mengurangi labour turn over, dan meningkatkan kepuasan kerja.
Karyawan yang mengikuti pelatihan tanpa adanya minat pada nya sudah tentu tidak akan mmebawa hasil yang memuaskan. Sebaliknya, dengan timbulnya minat, maka perhatiannya terhadap pelatihan yang dijalaninya akan semakin besar. Oleh karena itu, sebelum karyawan menjalani pelatihan, hendaknya kepada mereka diberikan penjelasan mengenai arti dan tujuan pelatihan terlebih dahulu.
 
pengertian pelatihan
Dengan posisi sebagai elemen penting dalam manajemen strategis, eksistensi pelatihan mendapat semacam nilai tambah khususnya berkenaan dengan persepsi manejer. Menurut Richardson, perencanaan strategi yang melibatkan pelatihan meliputi berbagai komponen, yaitu :
a.    Menentukan tingkat skill karyawan saat ini
b.    Menyeleksi tempat yang paling fleksibel dan menjadawalkan program
c.    Memilih metode pelatihan yang paling tepat
d.    Mengumpulkan dan mengembangkan materi pelatihan
e.    Mengevaluasi pelatihan
 
Jadi, dapat disimpukan bahwa pelatihan pada dasarnya merupakan sebuah proses untuk meningkatkan kompetensi karyawan. Di samping itu, program pelatihan tidaklah memperhitungkan apakah perusahaan skala besar atau skala kecil.
 
Pelatihan juga bukan merupakan pemborosan mengingat hasil atau manfaatnya jauh lebih besar dari pada biaya atau waktu yang disediakan. Pelatihan merupakan sarana ampuh mengatasi bisnis masa depan yang penuh dengan tantangan dan mengalami perubahan yang sedemikian cepat.
 
Pelatihan efektif dapat dicapai dengan pemosisian program pelatihan secara utuh dalam kerangka perencanaan manajemen strategis dan dilakukan tahapan-tahapan yang teratur. 

0 Response to "Pengertian Pelatihan"

Post a Comment