Pengertian Pariwisata Menurut Ahli dan Undang-Undang Kepariwisataan

loading...

Istilah pariwisata ( tourism ) baru muncul di masyarakat kira-kira pada abad ke-18, khususnya setelah revolusi industri di Inggris. istilah pariwisata berasal dari dilaksanakannya kegiatan wisata ( tour ), yaitu suatu aktivitas perubahan tempat tinggal sementara dari seseorang, di luar tempat tinggal sehari-hari dengan suatu alasan apapun  selain bukan melakukan kegiatan yang bisa menghasilkan upah atau gaji.

Pariwisata merupakan aktivitas, pelayanan dan produk hasil industri pariwisata yang mampu menciptakan pengalaman dan perjalanan bagi wisatawan. Pengertian pariwisata menurut McIntosh ( 1995 : 10 ), pariwisata adalah “ a composite of activities , services and idustries that deliver a travel experience: transportation, accomodation, eating and drinking establishment, shops, entertainment, activity, and other hospitality  service available for individuals or group that are away from home”.
Menurut Gartner, unsur pembentuk pengalaman sosial wisatawan yang utama adalah daya tarik dari suatu tempat atau lokasi.

Arti kata pariwisata belum banyak diungkapkan oleh para ahli bahasa dan pariwisata indonesia. kata pariwisata berasal dari dua suku kata, yaitu pari dan wisata. Pari berarti banyak, berkali-kali dan berputar-putar , sedangkan wisata berarti perjalanan atau bepergian. Jadi, pariwisata berarti perjalanan atau bepergian yang dilakukan berkali-kali  atau berkeliling. Pariwisata adalah padanan kata untuk istilah tourism dalam bahasa Inggris.

Selain definisi pariwisata menurut McIntosh di atas, Norval menyatakan bahwa pariwisata adalah “ the sum total of operations, mainly of an economic nature, which direcly related to the entry, stay and movment of foreigners inside and outside a certain country, city or region”. Menurut Norval, pengertian pariwisata adalah keseluruhan kegiatan yang berhubungan dengan masuk, tinggal, da pergerakan penduduk asing di dalam atau di luar suatu negara atau kota atau wilayah tertentu.

Definisi pariwisata menurut Hunziker dan Kraft ( 1942 ) yaitu :
the totally of relationship and phenomena arising from the travel and stay of strangers, provided the stay does not empty the establishment permanent residence and is not connected with a remunerated activity”.

Pengertian pariwisata menurut Hunziker dan Kraft dalam bahasa Indonesia adalah keseluruhan hubungan dan gejala-gejala yang timbul dari adanya orang asing dan perjalanannya itu tidak untuk bertempat tinggal menetap dan tidak ada hubungannya dengan kegiatan untuk mencari nafkah.

Pengertian Pariwisata Menurut Instruksi Presiden No. 19 Tahun 1969, Kepariwisataan adalah merupakan suatu kegiatan jasa yang memanfaatkan kekayaan alam dan lingkungan hidup yang khas, seperti hasil budaya, peninggalan sejarah, pemandangan alam yang indah, dan iklim yang nyaman.

pengertian pariwisata menurut ahli dan undang-undang pariwisata
sumber gambar : solopos.com
Menurut Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1990 Tentang Kepariwisataan, “ pariwisata adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan wisata termasuk pengusahaan objek dan daya tarik wsata serta usaha-usaha yang terkait di bidang ini”.

Pengertian pariwisata menurut Undang-Undang Nomor 10 tahun 2009, pariwisata adalah berbagai macam kegiatan wisata dan didukung berbagai fasilitas serta layanan yang disediakan oleh masyarakat, pengusaha, pemerintah dan pemerintah daerah. 

Pengertian pariwisata menurut WTO ( World Tourism Organization ) adalah berbagai aktivitas yang dilakukan oleh orang-orang yang mengadakan perjalanan untuk  dan tinggal di luar kebiasaan lingkungannya dan tidak lebih dari satu tahun berturut-turut untuk kesenangan, bisnis, dan keperluan lain.

Demikianlah pengertian pariwisata yang dikemukakan oleh para ahli, pengertian pariwisata menurut Intruksi Presiden, menurut Undang-Undang Kepariwisataan, dan menurut World Tourism Organization (WTO). Pariwisata sangat penting karena memjungkinkan terjadinya perdagangan internasional.

loading...

0 Response to "Pengertian Pariwisata Menurut Ahli dan Undang-Undang Kepariwisataan"

Post a Comment